×

Berbagai Jenis Hewan Endemik Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, Lengkap Dengan Ciri-Cirinya

by

OTONITY.com – Indonesia adalah negara ynag terdiri dari banyak pulau dan keanekaragaman yang hayati. Seperti halnya ciri keanekaragaman tersebut adalah beragamnya jenis hewan endemik yang dimiliki oleh Indonesia. Dimana hewan Endrmik ini merupakan hean yang mendiami wilayah tertentu secara alami dan tidak dapat ditemukan diwilayah lain.

Indonesia ini memiliki hewan endemik dan telah tersebut diberbagai pulau mulai dari Sabang sampai Merauke. Dimana pada masing – masing pulau maupun daerah memiliki hewan endemik yang berbeda – beda. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai hewan endemik yang ada di Indonesia. Yuk simak penjelasannya!

Baca Juga: Kejam! Ini Alasan Kenapa Ratu Lebah Dibunuh Oleh Para Lebah Dalam Koloninya Sendiri

Baca Juga: Berapa Lama Lebah Madu Hidup? Simak Fakta Menarik Usia Lebah Madu Berikut Ini

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Untuk Orang Tua, Sebagai Tanda Bakti Kita Kepada Orang Tua Yang Masih Hidup Ataupun Sudah Meninggal

1) Harimau Sumatera

Untuk hean endemik yang pertama ini merupakan salah satu hewan yang berasal dari Indonesia dan terkenal di dunia. Dimana hewan ini memiliki tubuh terkecil dan warna kulit yang gelap diantara berbagai jenis harimau lainnya. Harimau Sumatera ini memiliki corak loreng hitam yang lebih rapat dan apabila dilihat secara seksama motif loreng tersebut seperti sidik jari manusi.

Sampai saat ini populasi dari harimau Sumater sendiri telah diperkirakan hanya tersisa 400 ekor dialam bebas. Dalam mencegah terjadinya kepunahan, Taman Nasional Kerinci Seblat, yang ada dikawasan Ekosistem Ulu Masen dan Leuser di Aceh dan Sumatera Utara menjadi pusat konservasi harimau jenis tersebut.

2) Badak Sumatera

Yang kedua ini merupakan satwa langka dari spesies badak terkecil di satu – satunya badak bercula dua yang terdapat di Asia. Untuk populasi dari badak ini yang tersebar di Taman Nasional Bukit Barisan, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Way Kambas tengah terancam punah.