×

Berbagai Jenis Hewan Endemik Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, Lengkap Dengan Ciri-Cirinya

by

Dimana jumlah dari badak Sumatera ini kurang dari 80 ekor, penghui hutan tropis yang hidup secara soliter ini hanya dapat melahirkan satu anak setiap 3 sampai dengan 4 tahun sekali. Hewan endemik ini termasuk pada salah satu hewan yang telah dinyatakan bersatus langka.

3) Orangutan (Pongo)

Untuk hewan endemik ini terdapat 3 spesies yang dapat ditemui mulai dari orangutan sumatera (Pongo abelii), orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), dan orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis). Untuk orangutan Sumatera ini memiliki ciri khas warna bulu coklat kemerahan yang berbeda di posisi kritis punah.


Sedangkan untuk orangutan Kalimantan yang identik dengan memiliki bentuk wajah yang besar dengan pelipisnya seperti bantal ini populasinya juga terus menurun dan juga terancam punah. Lalu orangutan tapanuli telah digolongkan sebagai spesies baru dan ditemukan pada Ekosistem Batang Toru dengan kondisiyang paling memprihatinkan, hal itu dikarenakan hean ini menempati posisi terancap punah.

Baca Juga: Unik! Tugas-Tugas Lebah Madu Dalam Setiap Koloninya, Ada Kelas Pekerja dan Sultan Crazy Rich

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Manfaat Lebah Madu Untuk Kesehatan, Bisa Untuk Menjaga Liver dan Memperpanjang Usia

Baca Juga: Rekomendasi Drama China Tema Kehidupan Konglongmerat, Ada Drama Lu Han Ex EXO dari Romance Sampai Komedi!

4) Gajah Kalimantan

Untuk Gajah yang berasal dari Kalimantan ini memiliki tubuh berukuran seperlima lebih kecil dibanding dengan spesies gajah India dan membuat penampakan telinganya lebih besar dibandingkan kebanyakan gajah lainnya.

Untuk bentuk dari gading gajah ini juga relatif lebih pendek dan lurus. Gajah Kalimantan ini memiliki perilaku yang tergolong lebih lembut dan tidak agresif. Biasanya hewan endemik asli Indonesia ini dapat ditemukan didataran rendah Kalimantan Timur.

5) Monyet Hitam Sulawesi

Monyet ini merupakan hewan endemik yang berasal dari Sulawsi Utara dan juga memiliki nama lain yaitu Yaki. Moyet hitam ini dikenal dengan kepintaran dan tubuh yang dipenuhi bulu serba hitam. Dimana monyet tersebut hidup di hutan tropis yang ada didalam kawasan Cagar Alam Tangkoko.

6) Burung Maleo

Burung ini merupakan hewan endemik una tidak akan bis aditemuai di tempat lain di dunia. Dimana Taman Nasional Lore Lindu ini merupakan habitat dari burung kahs Sulawesi Tengah tersebut. untuk Fauna yang asli dari Indonesia ini memiliki bulu warna hitam dengan bulu bagian bawah yang bewarna merah muda keputihan.