×

Ciri-Ciri dan Fakta Menarik Gajah, Binatang Besar dengan Belalai Panjang yang Sudah Ada Sejak Zaman Purba

by

OTONITY.com – Gajah ini merupakan salah satu hewan yang hidup di daratan dan juga merupakan hewan terbesar yang tergolong sebagai mamalia. Gajah ini termasuk hewan yang hidup dengan cara berkelompok kecil yang akan dipimpin oleh betina dan sudah berumur tua.

Sementara itu, kebanyakan gajah jantan yang muda hidup didalam kawanan yang terpisah dari para betina senior. Mamalia berukuran besar ini diperkirakan dapat hidup mencapai umur 80 tahun atau lebih pada penangkaran, akan tetapi gajah ini dapat hidup hanya sampai usia 60 tahun pada alam liar.

Baca Juga: Mitos Mitos Tentang Hewan Kucing, Fakta Sebenarnya Nyawa Kucing Ada 9, Simak Uraian Berikut Ini

Baca Juga: Mitos Hewan di Indonesia, Capung Masuk Rumah Pertanda Kesialan atau Keberuntungan?

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Di Indomaret Berbagai Merk dari Bimoli, Sania, Tropical, dll Lengkap Tidak Perlu Antri, Stok Melimpah

Habitat Gajah

Gajah ini biasa ditemukan di savana, padang rumput, bahkan hutan. Tapi, mereka juga dapat menguasai berbahai jenis habitat lain speerti gurun, rawam bahkan dataran tinggi daerah tropis dna juga subtropis di Afrika maupun di Asia.

Dimana hewan tersebut dapat berimigrasi secara musiman tergantung pada ketersediaan makanan serta air pada suatu tempat. Ingatan atau memori merpakan hal penting didalam gajah. Dimana mereka mampu mengingat lokasi pasokan air di sepanjang rute yang telah dilewati.

Ciri – Ciri Binatang Gajah

Ciri – ciri dari gajah ini memiliki belalai panjang, kaki kolumnar, kepala besar serta telingan lebar yang datar. Belalali gajah ini merupakan perpanjangan dari bibir atas dan juga gidungnya, dimana belalai tersebut berfungsi sebagai alat pernafasan, minum serta makan.

Diujung belalai gaah ini terdapat tonjolan berbentuk seperti lipatan yang dapat melakukan berbagai fungsi halus seperti mengambil koin dipermukaan yang rata maupun memecah kacang tanah lalu meniup kulitnya dan dapat juga memasukkan biji kedalam mulut.

Jenis gajah afrika sendiri memiliki tinggi rata – rata 3 sampai 4 meter dan bobotnya mencapai 9 ton. Lalu untuk jenis gajah Asia memiliki tinggi yang mencapai 3,5 meter dengan bobot 5500 kilogram. Pada saat musim kemarau, kawanan gajah menggunakan taringnya untuk menjangkau sumber air bawah tanah.