×

Simak Baik-Baik! Cara Verifikasi Akun PTK Versi Terbaru 2022, Jangan Sampai Keliru!

by

OTONITY.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang apa saja kegunaan dari akun PTK Dapodik.

Sejak adanya aplikasi Dapodik, mengharuskan para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendownload aplikasi tersebut. Aplikasi dapodik merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjaring atau menyimpan data pokok pendidikan baik dari tingkat dasar hingga menengah.


Untuk mengakses Dapodik ini , seorang guru atau pendidik dan tenaga kependidikan yang lain harus memiliki akun PTK yang sudah terverifikasi.

Apabila akun PTK sudah terverifikasi maka akan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini dikarenakan dengan mempunyai akun PTK yang sudah terverifikasi maka data – data guru akan terdata secara sistematif dan administratif pada skala nasional di Data Pokok Pendidikan Indonesia.

Baca Juga : Guru Harus Tau! Ini Manfaat dan Kegunaan Dari Akun PTK Dapodik Yang Bisa Melancarkan Tunjangan Anda

Baca Juga : Cara Mudah Tarik PTK Terbaru Tahun 2022, Lebih Gampang Dan Mudah Diikuti

Baca Juga : Jangan Ketinggalan! Berikut Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran SPAN PTKIN 2022

Aplikasi Dapodik ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan dengan tujuan untuk memudahkan guru atau pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengakses informasi data yang disimpan di Data Pokok Pendidikan.

Aplikasi Dapodik ini rilis tahun 2006, dan mengalami pembaharuan serta pemutahiran hingga menjadi aplikasi Dapodik versi terbaru.

Akun PTK terbukti sangat berguna dan bermanfaat bagi guru atau pendidik dan tenaga kependidikan. Namun masih banyak pendidik dan tenaga kependidikan yang masih belum memeverifikasi akun PTK mereka karena merasa kesulitan atau kebingungan untuk mengakses Dapodik. Seperti kesulitan atau bahkan tidak mengetahui cara untuk memverifikasi akun PTK.

Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik

Sebelum masuk pada langkah – langkah verifikasi harus mempersiapkan hal – hal berikut:

1. Pastikan email yang akan digunakan untuk verifikasi merupakan email yang aktif

2. Apabila email akun Dapodik tidak dapat dibuka atau mengalami lupa password, silahkan membuat email yang baru lalu laporkan pada pihak admin layanan untuk membuatkan akun baru menggunakan email baru yang aktif dan valid

3. Temukan waktu yang tepat untuk mengakses website pengelolaan Dapodik. Biasanya akan sangat mudah dan cepat untuk terkoneksi dari jam 01.00 higga dini hari. Hal ini dikarenakan jika lalu lintas penuh (digunakan banyak orang) maka akan kesulitan mengakses halaman pengelolaan Dapodik menggunakan SSO Dapodik.