Harus Tau! Dalil-Dalil Yang Berkaitan Tentang Menyegerakan Zakat Fitrah, Jangan Diundur Undur

by

OTONITY.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi menarik seputar dalil dalil yang berkaitan dengan anjuran mengeluarkan zakat fitrah dan niat baik untuk sendiri maupun untuk anggota keluarga.

Seperti yang kia ketahui bahwasanya sebentar lagi akan tiba datangnya bulan puasa atau bulan suci ramadhan. Yang mana itu artinya kita juga harus siap – siap untuk berzakat di akhir bulan suci ramadhan nanti.

Zakar fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan atau diberikan oleh umat Islam setiap tahunnya. Tepatnya mengeluarkan zakat fitrah adalah ketika malam Idhul Fitri. Zakat yang diberikan ini berupa makanan pokok sehari – hari seperti halnya beras, jagung, gandum, kurma, susu, anggur kering , dan lain sebagainya.

Baca Juga : Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri, Istri, Dan Juga Anak Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

Baca Juga : Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Sunah Qobliyah Subuh Dua Rakaat Lengkap Bahasa Arab Beserta Cara Baca dan Artinya!

Baca Juga : Niat Qadha Puasa Bulan Ramadhan, Yuk Segera Bayar Hutang Puasanya Sebelum Masuk Bulan Suci Ramadhan Berikutnya

Besaran zakat yang dikeluarkan disepakati oleh para ulama yakni 1 sha’ atau sekitar 2,7 sampai 3 kg. Sebagian ulama juga memperbolehkan apabila ingin berzakat dengan uang tunai, yang mana jumlah dari uang tunai tersebut harus seharga bahan pokok.

Melakukan pembayaran atau pemberian zakat fitrah ini bisa diwakilkan oleh anggota keluarga.

Niat zakat fitrah untuk diri sendiri:

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ اْلفطر عَنْ نَفْسِيْ فَرْضًالِلهِ تَعَالَى

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala.”

×