Kena Tilang? 3 Cara Bayar Denda Tilang Elektronik Mudah dan Lengkap Terbaru 2022: Bisa Lewat ATM dan Indomaret

by

OTONITY.com – Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik terus diperluas diseluruh penjuru Indonesia. Hal ini pun menyebabkan para pelanggar lalu lintas semakin sulit sembrono dalam berkendara. Pasalnya, kamera pemantau tersebar 248 unit di seluruh indonesia akan melakukan penilangan secara otomatis.

Nantinya ETLE akan diintegrasikan dengan speed camera dan Weight In Motion (WIM). Sehingga ada dua target pelanggaran yang dituju, yakni melebihi batas kecepatan dan kendaraan yang over loading. Saat ini ETLE memang masih dalam tahap sosialisasi, tepatnya sampai 30 Maret 2022. Jika sudah lewat tanggal tersebut, bisa saja penindakan berupa tilang akan segera diberlakukan.

Baca juga: Jangan Remehkan! Ternyata Ini Manfaat Game Online Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Baca juga: Simak Ketentuan Persyaratan Klaim Garansi iPhone: Pastikan Tidak Melanggar Hal-Hal di Bawah Ini, Biar Garansimu Bisa di Klaim!

Baca juga: Norma-Norma Agama Di Indonesia Dan Sanksi Yang Didapat Apabila Melanggarnya

Ketika ketahuan melanggar dan tertangkap kamera ETLE, maksimal tiga hari setelah terjadi pelanggaran ETLE, polisi akan mengirim surat konfirmasi e-tilang ke alamat pemilik kendaraan. Surat tersebut berisi rincian nama pemilik kendaraan, foto atau bukti pelanggaran tilang elektronik, jenis pasal yang dilanggar, alamat pemilik, jenis kendaraan, dan masa berlaku kendaraan.

Pada surat konfirmasi juga tertera jadwal klarifikasi pemilik kendaraan ke unit ETLE masing-masing Polda. Konfirmasi tilang elektronik bisa dilakukan secara daring di sini. Hal ini sebagai hak jawab pemilik kendaraan.

Pemilik kendaraan diberikan kesempatan maksimal lima hari untuk klarifikasi ETLE. Jika pelanggar mengkonfirmasi pelanggaran, maka akan menerima surat tilang warna biru sebagai bukti pelanggaran serta kode cara bayar e-tilang.

Baca juga: Bocoran Lokasi Truk Monster PUBG, Ternyata Tempatnya Ada di Sini Loh! Tak Banyak Orang yang Tahu

Baca juga: Bagaimana Hukum Orang Yang Belum Membayar Hutang Puasa Hingga Ramadhan Tiba? Wajib Diketahui! Begini Penjelasan Lengkapnya

×