×

Berikut Amalan Ringan Tapi Pahalanya Besar, Mudah dan Bisa Dilakukan Setiap Hari

by

OTONITY.com – Umat Muslim diwajibkan beribadah kepada Allah SWT. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Melakukan ibadah juga sebagai amalan yang dipersiapkan untuk di akhirat kelak.

Allah SWT memberikan kemudahan untuk umat Muslim, yang mana selain menjalankan ibadah wajib, umat Muslim dapat menambah pahalanya dengan beberapa amalan yang bisa dibilang sepele.

Baca juga: Hukum Puasa Tapi Berpacaran Menurut Pandangan Islam, Awas! Bisa Buat Tidak Berkah

Baca juga: Hukum Puasa Tapi Pacaran Lewat Chat Menurut Pandangan Islam, Bisa Buat Puasamu Batal

Baca juga: 5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan: Umat Islam Merapat! Lakukan Hal Ini Agar Ramadhanmu Makin Berkah!

Meskipun amalan tersebut ringan, tapi ada baiknya jika dilakukan secara terus menerus. Hal tersebut dikarenakan lebih baik melakukan amalan ringan setiap hari daripada melakukan banyak amalan hanya satu hari setelahnya lupa.

Amalan Sepele Tapi Banyak Pahala

Nah, berikut ini ada beberapa amalan yang dapat kamu kerjakan agar menambah pahalamu. Yuk simak!

1. Mendengarkan azan

Mendengarkan azan saat memasuki waktu sholat merupakan amalan ringan dengan pahala besar. Sebagaimana yang tertera dalam hadis berikut ini:

Dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa, ‘Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna (panggilah Tauhid) dan sholat yang didirikan, berilah kepada Muhammad kemuliaan dan keutamaan dan berilah untuknya tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan kepadanya. ‘Akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari Kiamat.”(HR. Bukhari).

2. Mengucapkan doa setelah azan

Membaca doa setelah azan juga termasuk amalan sederhana serta ringan dilakukan, tetapi memiliki pahala yang luar biasa. Berikut ini doa setelah azan berkumandang yang bisa orangtua ajarkan dan amalkan setiap harinya:

Baca juga: Gelandang Arsenal Thomas Partey Resmi Mualaf! Masuk Islam Dibantu Pemuka Agama Di Inggris Susul Clarence Seedrof

Baca juga: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Perhitungan Harta Warisan Menurut Islam Agar Tidak Ada Perselisihan Antar Saudara

Baca juga: Simak Keutamaan Bulan Suci Ramadan, Dari Bulan yang Penuh Berkah Hingga Setan Merasa Gagal, Umat Islam Wajib Tau!

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ

Artinya: