×

2 Rukun Puasa yang Wajib Diketahui Muslim Sejati, Pahami Agar Ibadah Tidak Sia-Sia

by

OTONITY.com – Salah satu rukun Islam adalah puasa. Puasa adalah bagian dari ibadah umat muslim yang dilaksanakan dengan cara menahan diri dari godaan hawa nafsu selama satu hari.

Puasa dapat dibedakan menjadi dua yaitu wajib dan sunah. Jika sudah memasuki bulan Ramadan, ada ibadah puasa Ramadan yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Puasa Ramadan ini tentu memiliki keistimewaan dibanding puasa-puasa lainnya karena hukumnya sendiri adalah wajib.

Baca juga: 5 Resep Menu Sehat Berbuka Puasa, Lengkap Dengan Bahan dan Cara Pembuatannya

Baca juga: Main Game Free Fire Bisa Membatalkan Puasa? Simak Jawabannya di Sini, Survivor Harus Tahu Bagaimana Hukumnya!

Baca juga: Daftar Game yang Membatalkan Puasa, Awas! Jangan Sampai Kamu Mainkan!

Umumnya, semua puasa memiliki aturan dasar berupa rukun puasa. Baik puasa wajib seperti puasa Ramadan atau puasa sunah, rukun puasa harus ditegakkan untuk menjadi syarat sahnya diterima ibadah puasa.

Bagi seseorang yang sudah mampu menjalankan ibadah puasa tentu menjadi jalan baginya untuk menyempurnakan rukun Islam. Namun, dalam pelaksanaannya tentu terdapat rukun yang harus dipahami dengan baik.

Rukun puasa sendiri pada dasarnya adalah menahan diri dari berbagai pembatal puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dalam pelaksanaannya, rukun puasa ada dua hal yang harus dipahami dengan baik sebagai berikut.

1. Niat

Rukun puasa dapat diartikan para ulama sebagai sebuah kewajiban. Menurut ulama Syafi’iyyah dan Malikiyyah berpendapat bahwa niat adalah rukun puasa, bukan syarat.Hal ini karena niat puasa selalu ada dalam diri seseorang, kecuali ia berniat membatalkan puasanya.

Lalu,  ulama Hanabilah dan Hanafiyah berpendapat bahwa niat adalah syarat sah puasa, bukan rukun. Hal ini karena niat dilakukan sebelum fajar di luar puasa.