×

Hikmah Istiqomah Menjalankan Sedikit Ibadah Namun Rutin, Dijauhkan Dari Virus Futur

by

OTONITY.com – Dalam artikel ini kami akan menyebutkan amalan – amalan yang sedikit namun jika dilakukan secara istiqomah akan memberikan pahala yang besar dan sangat dsukai oleh Allah Swt.

Allah Swt sangatlah menyukai amalan – amalan yang sifatnya kontinu. Meskipun hanya sedikit, tapi kalau kita mau kontinu dan terus menerus istiqomah dalam melaksanakannya itu akan lebih dicintai oleh Allah Swt.


Melakukan ibadah seharusnya tidak hanya sekali saja pada waktu tertentu saja. Misal, sangat rajin sholat pada saat ramadhan. Dia melakukan semua sholat sunnah yang ada, tapi setelah ramadhan dia tidak rajin sholat lagi dia melalaikan shalat lagi dan tidak istiqomah menlaksanakan shalat lagi.

Baca Juga : Amalan Ibadah Sedikit Tapi Dilakukan Terus Menerus? Begini Penjelasan dan Pendapat Para Ulama

Baca Juga : Bacaan Doa Berbuka Puasa Lengkap dengan Artinya, Lengkap Dengan Anjuran Para Ulama

Baca Juga : Sholat Tarawih Berapa Rakaat? Begini Penjelasan Menurut Hadits dan Para Ulama

Karena ibadah sebaiknya memang dilaksanakan sepanjang tahun dan secara kontinu atau istiqomah bukan hanya pada bulan – bulan tertentu saja.

Asy Syibliy pernah ditanya, ”Bulan manakah yang lebih utama, Rajab ataukah Sya’ban?” Beliau pun menjawab, ”Jadilah Rabbaniyyin dan janganlah menjadi Sya’baniyyin.” Maksudnya adalah jadilah hamba Rabbaniy yang rajin ibadah di setiap bulan, sepanjang tahun dan jangan hanya beribadah pada bulan Sya’ban saja. Kami kami juga dapat mengatakan, ”Jadilah Rabbaniyyin dan janganlah menjadi Romadhoniyyin.” Maksudnya, beribadahlah secara kontinu (ajeg) sepanjang tahun dan jangan hanya beribadah pada bulan Ramadhan saja.

Hikmah Merutinkan Amalan

Pertama, melakukan amalan yang sedikit namun kontinu akan membuat amalan tersebut langgeng, artinya akan terus tetap ada.

An Nawawi rahimahullah mengatakan, ”Ketahuilah bahwa amalan yang sedikit namun rutin dilakukan, itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sesekali saja dilakukan. Ingatlah bahwa amalan sedikit yang rutin dilakukan akan melanggengkan amalan ketaatan, dzikir, pendekatan diri pada Allah, niat dan keikhlasan dalam beramal, juga akan membuat amalan tersebut diterima oleh Sang Kholiq Subhanahu wa Ta’ala. Amalan sedikit yang rutin dilakukan akan memberikan ganjaran yang besar dan berlipat dibandingkan dengan amalan yang sedikit namun sesekali saja dilakukan.”