Hukum Merokok Setelah Berwudhu Menurut Ustadz Abdul Somad, Batalkah? Simak Penjelasan Lengkap di Sini!

by

OTONITY.com – Berikut ini adalah informasi yang wajib diketahui oleh umat Muslim yang mana mengenai apakah merokok dapat membatalkan wudhu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Wudhu merupakan salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Hal tersebut berkaitan dengan seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan sholat. Wudhu sendiri memiliki rukun dan tata caranya sesuai sunnah.

Baca juga: Apakah Nonton Video 18+ Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan dan Hukumnya Menurut Hadits

Baca juga: Hukum Mimpi Basah di Siang Hari Saat Puasa Ramadhan, Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Baca juga: Hukum Melaksanakan Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah, Apakah Boleh? Simak Penjelasannya

Amalan melakukan wudhu juga telah dijelaskan dalam hadits yaitu:

“Sesungguhnya aku diperintahkan untuk berwudhu apabila hendak mengerjakan sholat.” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, dan An-Nasa’i).

Namun, terdapat beberapa hal yang dapat membatalkan wudhu. Salah satu perkara yang sering menjadi pertanyaan ialah apakah merokok juga dapat membatalkan wudhu?

Merokok Membatalkan Wudhu?

Dilansir dari berbagai sumber, kami telah merangkum jawaban mengenai apakah merokok membatalkan wudhu. Berikut ulasannya.

Berdasarkan penjelasan dari Masaji Antoro dalam buku Kumpulan Tanya Jawab Keagamaan, tidak termasuk perkara yang dapat membatalkan wudhu. Hal tersebut karena Rasulullah tidak pernah menyinggungnya secara langsung maupun tersirat. Dalam Fatwa Syabakah Islamimiyah, para ulama juga mengatakan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.