Rumus Luas Permukaan Balok, Jangan Salah! Bangun Ruang yang Mirip Kubus Ini Punya Rumus Berbeda

by

OTONITIY.com – Sekilas, balok menjadi salah satu bangun ruang yang mirip dengan kubus. Keduanya memang memiliki kemiripan dari sifat, namun keduanya memiliki rumus yang berbeda. Hal ini tak terkecuali mengenai rumus luas permukannya.

Balok juga dapat diartikan sebagai bangun ruang tiga dimensi yang disusun oleh tiga buah segi empat, baik persegi atau persegi panjang. Balok mempunyai paling sedikit satu pasang sisi segi empat yang memiliki bentuk yang berbeda.

Baca juga: Rumus Luas Permukaan Limas, Pahami Jenis-Jenisnya Agar Mengetahui Bentuk Alasnya!

Baca juga: Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Berikut Hasilnya Lengkap Dalam Sidang BPUPKI

Baca juga: Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG 2022 Sesuai dengan Kisi-Kisi Terbaru Seleksi Akademik PPG 2022

Jika diperhatikan balok mempunyai beberapa bagian. Selain memiliki tiga pasang sisi yang sama, balok juga mempunyai 12 rusuk dimana rusuk-rusuk yang sejajar memiliki ukuran yang sama.

Balok juga mempunyai 4 diagonal bidang, dan 4 diagonal ruang yang semuanya mempunyai ukuran yang sama besar. Balok juga mempunyai bidang diagonal yang berbentuk persegi panjang.

Masuk pada bagian rumus balok, kita dapat mengetahui penghitungan sebuah bangun ruang dalam hal wujud volumenya. Selain itu, ada rumus yang membahas luas permukaan bidang balok dengan penghitungannya mengenai penyusunan balok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.