×

Bahaya Riba Qardi dan Cara Menghindarinya, Jangan Sampai Tertarik Mencobanya!

by

OTONITY.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan riba qardi dan bagaimana hukumnya dalam ajaran Agama Islam.

Mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang mengenal apa itu Riba Qardi. Riba qardi merupakan salah satu dari 4 macam riba. Riba qardi ini merupakan jenis riba yang sangat sering ditemui dalam persoalan utag piutang.

Jika dilihat menurut bahasa, Riba Qardi ini sendiri memiliki arti lebih atau bertambah. Dan jika dijelaskan berdasarkan pada syara’ maka Riba merupakan akad yang terjadi dengan penukaran tertentu, yang mana tidak diketahui sama atau tidak menurut syara’.

Baca Juga : Mengenal Riba Qardi Pengertian dan Hukum Dalam Agama Islam, Semoga Kita Semua Terhindar

Baca Juga : Kegiatan Mengisi Waktu Luang di Bulan Puasa Saat Pandemi, Tetap Seru Walau Di Rumah Saja

Baca Juga : Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain Yang Diwakilkan: Arab, Latin, dan Artinya

Lalu apa yang disebut dengan Riba Qardi? Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya mari simak artikel ini hingga akhir ya.

Pengertian Riba Qardi

Riba Qardi merupakan salah satu dari 4 jenis riba. Para Ulama berpendapat bahwa riba memiliki 4 jenis yakni riba fadli, riba qardi, riba yad, dan juga riba nasi’ah.

Riba qardi adalah praktik utang piutang dengan syarat ada keuntungan bagi yang memberi utang. Dengan kata lain, riba qardi ini mengambil manfaat atau kelebihan tertentu dari penerima utang (muqtaridh)

Contoh dari Riba Qardi misalnya, ada si A memberikan pinjaman uang tunai kepada si B sebesar Rp 1 juta dan wajib mengembalikan pinjaman pokok dengan bunga sebesar Rp 1,5 juta saat jatuh tempo. Dalam hal ini, A tidak menjelaskan apa tujuan dari pemberian bunga tersebut. Maka hal itu disebut dengan riba qardi.