Kerugian Pelaku Riba, Naudzubillah! Termasuk 7 Dosa Besar dan Dilaknat Rosulullah

by

OTONITY.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang pengertian serta bahayanya untuk dalam kehidupan sehari – hari dalam Islam.

Pasti sebagian dari kita sudah tau apa yang dimaksud dengan riba. Akan tetapi bagi kalian yang belum mengetahuinya maka kalian bisa menyimak artikel ini hingga selesai.

Riba merupakan suatu istilah yang bisa kita dengar ketika melaksanakan sebuah transaksi jual beli. Misalkan, menjadi seorang penjual pasti memiliki tujuan utama yakni mendapatkan untung. Akan tetapi jika keuntungan yang diambil melampaui batas maka hukumnya jadi tidak boleh, itulah yangg biasanya kita sebut sebagai riba.

Baca Juga : 11 Surat Pendek Yang Dibaca Saat Tarawih Hingga Witir, Lengkap Tulisan Arab Latin dan Artinya

Baca Juga : Berapa Rakaat Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Baca Juga : Masih Ragu? Begini Tata Cara Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah Yang Baik dan Benar

Pengertian Riba

Secara etimologi (bahasa) Riba dalam bahasa Arab artinya adalah tambahan atau kelebihan. Apabila diartikan secara umum kelebihan yang dimaksud adalah sebuah nilai pokok utang atau nominal.

Jika diartikan secara istilah, Riba adalah nilai tambahan atau pembayaran utang yang telah melebihi jumlah piutang dan sebelumnya telah ditentukan oleh suatu pihak.

Jadiengertian dari riba itu sendiri adalah ketentuan tambahan dari suatu nilai yang dilebih – lebihkan jumlah nominal pinjaman atau pelunasannya. Perhitungan riba biasanya mengacu pada persentase tertentu dan akan dibebankan pada si pelunas.

Hukum Riba Menurut Islam

Dalam agama Islam menegaskan bahwasanya apabila dalam sebuah transaksi jual beli atau utang piutang mengandung riba maka itu tidak boleh.

Baca Juga : Tak Hanya Kurma! 5 Buah Pengganti Kurma Untuk Buka Puasa, Kandungan Nutrisinya Tak Kalah Lengkap

Baca Juga : Kapan Malam Lailatul Qadar? Catat Tanda-Tanda Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Baca Juga : Urutan Bacaan Surat Pendek Shalat Tarawih Mulai Hari Pertama Hingga Terakhir, Mudah Dihafalkan!

Surat Al-Baqarah ayat 276
Dalam surat ini, riba adalah salah satu perbuatan yang dimusnahkan oleh Allah SWT, sebaliknya sedekah sangat disenangi. Setiap umat akan dibenci oleh Allah SWT jika terus menjadi kafir dan selalu berbuat dosa.

Surat Al-Baqarah ayat 278
Setiap orang yang beriman, harus bertakwa kepada Allah SWT dan wajib meninggalkan sisa hasil riba yang belum digunakan.

Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 161
Pada ayat tersebut, riba adalah kegiatan yang dilarang untuk dimanfaatkan sebagai pembiayaan kehidupan sehari-hari, karena uang tersebut diperoleh dari jalan batil. Bahkan, Allah SWT juga telah menjanjikan siksaan pedih bagi orang-orang kafir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×