Mengenal Segitiga ABC, Bangun Datar yang Miliki Beragam Bentuknya Dengan Ciri Khusus

by

OTONITY.com – Dalam pembahasan mengenai bangun datar tentunya akan ditampilkan macam-macamnya. Macam dari bangun datar sendiri sangat beragam dan masing-masing memiliki karakteristik dan ciri tersendiri. Salah satu bangun datar yang berbeda dari bangun lainnya adalah segitiga.

Terdapat istilah umum ketika membahas mengenai segitiga jika berkaitan dengan titik sudutnya dan disebut dengan segitiga abc. Hal ini berhubungan karena segitiga memiliki 3 sisi, 3 titik, dan 3 sudut. Bagian-bagian segitiga dapat memiliki ukuran yang berbeda bergantung pada bentuknya.

Baca juga: Materi dan Contoh Soal Rasio dan Skala Matematika, Berhubungan Dengan Perbandingan, Berikut Penerapannya Dalam Ujian

Baca juga: Doa Sebelum Belajar Agar Lebih Fokus Dan Mudah Dalam Menyerap Materi Pelajaran

Baca juga: Rumus Volume Limas, Pahami Bentuk Alasnya Agar Ketahui Macam-Macam Jenisnya

Segitiga adalah bagian dari sebuah bangun datar dua dimensi dengan bentuknya yang berpoligon. Segitiga menjadi bangun datar yang memiliki ciri-ciri permukaan datar dan terbentuk dari dua dimensi. Dua dimensi ini biasanya terdiri atas panjang, lebar, luas, keliling, sisi, sudut hingga garis simetris yang berbentuk beraturan.

Lebih lanjut, sebuah segitiga sendiri ternyata memiliki berbagai macam bentuknya yang dapat diklasifikasikan seperti berikut.

Bangun Datar Segitiga

Segitiga merupakan sebuah bangun datar dua dimensi dengan bentuknya berpoligon. Sebuah segitiga memiliki 3 sisi, 3 titik, dan 3 sudut. Bagian-bagian segitiga dapat memiliki ukuran yang berbeda bergantung pada bentuknya yang diuraikan sebagai berikut.

1. Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi adalah jenis segitiga yang memiliki ketiga sisinya dengan panjang sama. Pada segitiga sama sisi memiliki sudut yang sama besar, yaitu masing-masing 600. Selain ketiga sisinya yang sama panjang, segitiga sama sisi memiliki sumbu simetri yang masing-masing dapat digunakan sebagai tinggi pada segitiga.

2. Segitiga sama kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×