Umbra dan Penumbra Peristiwa Gerhana, Ketahui Perbedaannya Ternyata Jauh Banget!

by

OTONITY.com – Peristiwa gerhana dapat terjadi dengan berbagai faktor seperti gerhana bumi atau bulan. Peristiwa alam satu ini memang jarang terjadi dan sering membuat orang penasaran mengenai cara terbentuknya.

Ketika terjadi gerhana, pasti alam akan berhubungan dengan bulan, bumi, dan matahari yang berada dalam garis lurus. Gerhana juga akan menimbulkan sebuah efek yang berhubungan dengan adanya umbra dan penumbra.

Baca juga: Harga Conblock Terbaru 2022 Semua Model dan Ukuran, Bikin Halaman Makin Rapi, Harga Mulai 15 Ribuan Aja

Baca juga: Simak Cara Menghilangkan Green Screen Capcut, Gampang Banget dan Dijamin 100% Berhasil, Buat Videomu Makin Memukau

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi HP Vivo Terbaru 2022, Anti Ribet dan Bisa Digunakan Untuk Semua Tipe

Dalam peristiwa gerhana, akan ada kejadian astronomi yang berhubungan dengan adanya bayangan. Hal ini yang meliputi umbra dan penumbra.

Bagi kamu yang belum mengetahui lebih dalam mengenai umbra dan penumbra pada kejadian gerhana dapat menyimak pembahasannya berikut ini.

Umbra dan Penumbra pada Gerhana

Gerhana biasanya akan terjadi pada bulan baru atau new moon dengan bulan purnama atau full moon. Pada bulan baru, bulan akan terletak di antara Matahari dan Bumi. Di bulan purnama, Bumi terletak di antara bulan dan Matahari. Apabila terjadi gerhana, maka bayangan Bumi dan bulan akan besar sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.