Manfaat Harimau untuk Ekosistem Alam, Tidak Melulu Buas! Harimau Punya Peran Penting di Alam

by

OTONITY.com – Harimau menjadi salah satu hewan buas yang sering ditakuti makhluk hidup lainnya. Peran harimau sebagai hewan buas ini ternyata tidak melulu menakutkan karena harimau memiliki peran penting di sebuah ekosistem.

Spesies satu ini memang terkenal sebagai hewan eksotik yang tinggal di hutan sehingga perannya akan mempengaruhi keanekaragaman hayati di hutan.

Baca juga: Contoh Peristiwa Kapilaritas Dalam Kehidupan, Ada yang Menguntungkan dan Merugikan!

Baca juga: Peristiwa Astronomi di Bulan April Tahun 2022, Ada Fenomena Pink Moon dan Black Moon Juga

Baca juga: Gerhana Bulan Akan Hadir di Pertengahan Mei, Intip Lokasi yang Mengalami Fenomena Langka Ini!

Harimau sendiri termasuk hewan apex predator atau pemangsa tingkat satu dalam rantai makanan. Sering dikatakan sebagai kucing besar, harimau ternyata memiliki peran dalam menjaga populasi hewan herbivora atau omnivora yang dimangsanya tetap stabil.

Dengan adanya harimau, populasi hewan yang dimangsanya tidak akan berlebihan sehingga ekosistem akan berjalan seimbang. Keberadaan harimau sendiri dapat dijadikan sebagai tanda bahwa sebuah ekosistem merupakan ekosistem yang sehat.

Apabila hewan satu ini mengalami kepunahan, dapat diartikan bahwa sebuah ekosistem tidak terjaga dengan baik. Kemudian, masa depan ekosistem itu bisa terancam sepeninggal kepunahan spesies yang menduduki posisi teratas rantai makanan dalam ekosistem.

Keharusan menyelamatkan harimau

Telah banyak berita yang mengabarkan bahwa populasi harimau di alam liar dunia saat ini hanya tinggal 3.500 ekor. Tanpa aksi konservasi, harimau akan punah hanya dalam waktu 20 tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×