3 Jenis Pembagian Dhomir dan Contoh Kalimatnya, Jangan Sampai Keliru! Catat Baik-baik

by

OTONITY.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang salah satu ilmu dalam mempelajari Bahasa Arab yakni tentang dhomir.

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan dhomir? Jika kita belajar bahasa Indonesia kita akan mendapati yang namanya kata ganti, begitu juga di dalam bahasa Arab.

Dalam bahasa Arab dhomir sendiri merupakan sebuah isim Ma’rifah yang mabni atau yang bisa bermanfaat untuk menggantikan atau mewakili penyebutan sesuatu atau seseorang atau kelompok.

Apa itu Mabni? Mabni merupakan Isim yang harokatnya tidak berubah baik dalam keadaan rofa’, nashob, ataupun khofadz/jerr. Sehingga jika di i’robkan akan menempati kedudukannya saja. Untuk harokat akhirnya tidak mengalami perubahan.

Baca Juga : Bacaan Doa Berbuka Puasa Lengkap dengan Artinya, Lengkap Dengan Anjuran Para Ulama

Baca Juga : Ketahui Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Waktu Terbaik Untuk Mengucapkannya

Baca Juga : Bacaan Doa Talqin Mayit Lengkap, Pertanda Sebelum Dihampiri Malaikat Munkar Nakir

Dhomir dan Mudhmar merupakan 2 isim yang sama, yakni tentang lafadz yang digunakan guna mutakalim (pembicara), laksana lafadz أَنَا = saya, atau orang yang disuruh  bicara ( orang kedua) laksana  أَنْتَ = kamu, atau guna  orang ketiga laksana  lafazh هُوَ = dia.

3 Jenis Pembagian Dhomir

Dhomir dibagi menjadi 3 bagian, antara lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×