Contoh Soal Trigonometri Kelas 10, Buat Pemahamanmu Lebih Mudah Dengan Mengerjakan Soal-Soalnya!

by

OTONITY.com – Jika berbicara mengenai trigonometri, hal yang terlintas adalah mengenai sudut-sudut segitiga dengan sin, cos, tan-nya. Trigonometri sendiri menjadi salah satu ilmu matematika yang membahas mengenai relasi antara sisi dan sudut dalam segitiga.

Konsep trigonometri menjadi salah satu hal yang penting untuk dipelajari lebih dalam karena dapat diaplikasikan pada beberapa materi lainnya di matematika. Materi satu ini ternyata sudah diperkenalkan bagi siswa SMA di kelas X.

Baca juga: Contoh Soal Isim Dhomir Bahasa Arab: 10 Soal Isian dan 10 Soal Pilihan Ganda

Baca juga: Kumpulan Soal Tes TKD dan Core Values BUMN 2022 Doc/PDF TERBARU! Lengkap Tinggal Klik dan Download

Baca juga: Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG 2022 Sesuai dengan Kisi-Kisi Terbaru Seleksi Akademik PPG 2022

Trigonometri adalah salah satu cabang ilmu Matematika yang secara khusus hanya mempelajari tentang hubungan antar sisi dan sudut sebuah segitiga. Hubungan ini mencakup relasi dan juga fungsi dasar yang muncul. Saat melakukan perhitungan, trigonomerti adalah nilai perbandingan yang didapatkan pada segitiga siku-siku ataupun koordinat kartesius.

Adapun fungsi dasar trigonometri adalah sin (sinus), cos (cosines), tan (tangen), cosec (cosecant), sec (secant) dan juga cotan (cotangen). Fungsi dasar yang satu ini adalah cara yang digunakan untuk dapat menemukan besarnya sudut ataupun sisi dari suatu segitiga.

Konsep Trigonometri

Sebelumnya perlu diketahui bahwa segitiga sama siku memiliki 3 sisi, yaitu sisi depan, sisi samping dan juga sisi miring. Sisi depan merupakan salah satu sisi yang berada di depan sudut, dan untuk sisi samping letaknya di samping sudut. Kemudian, untuk sisi miring merupakan sisi yang saling berhadapan dengan sudut 90 derajat. Dengan begitu, untuk letak dari sisi depan, sisi samping, dan juga sisi miring tergantung dari letak sudutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.