Fenomena La Nina Adalah? Udara Panas yang Akhir-Akhir ini Ramai Dibicarakan, Simak Penjelasan dan Dampaknya Bagi Indonesia!

by

OTONITY.com – La Nina ini merupakan suatu fenomena alam yang dapat menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami curah hujan yang lebih tinggi. Tidak hanya angin muson, melainkan La Nina juga sebagai salah salah satu faktor penyebab musim hujan di Indonesia terjadi.

Diketahui bahwa nama La Nina sendiri diambil dari bahasa Spanyol yang memiliki arti gadis keci diketahui fenomena tersebut merupakan kebalikan dari fenomena El Nino yang dapat menyebabkan panas di Indonesia. Lebih lengkapnya silahkan simak Penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Pohon Pisang Untuk Lingkungan Terutama Batang Pohon, Simak Penjelasannya!

Baca Juga: 4 Fungsi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Bagi Lingkungan, Pengaruhnya Sangat Penting Bagi Ekosistem

Baca Juga: Gerhana Bulan Akan Hadir di Pertengahan Mei, Intip Lokasi yang Mengalami Fenomena Langka Ini!

Penyebab Terjadinya La Nina

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saat adanya fenomena ini maka suku muka laut (ML) di samudera pasifik bagian tengah akan mengalami pendinginan hingga di bawah suhu normal.

Dimana pendinginan itu dapat berpotensi mengurangi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah. Tidak hanya itu, angin pasat akan berhembus lebih kuat dibanding dengan biasanya pada sepanjang Samudera Pasifik dari Amerika Selatan ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×