Mulut Pahit? Yuk Kenali Penyebabnya dan Harus Selalu Hati-Hati Masalah Kesehatan yang Akan Mengincarmu

by

OTONITIY.com – Kondisi mulut yang pahit dapat terjadi oleh siapa saja. Meskipun tidak mengganggu aktivitas, mulut pahit bisa memengaruhi nafsu makan dan terkadang akan membuat suasana hati jadi memburuk.

Secara umum dapat diketahui bahwa penyebab mulut pahit berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Namun, pada beberapa kasus mulut yang pahit bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Realme Pad Mini Tablet Baru yang Dibekali Baterai 6.400 mAh dan Fast Charging 18 Watt

Baca juga: Apa Itu Trial Test BUMN? Simak Penjelasan dan Prosedur Lengkapnya Berikut Ini

Baca juga: Ingin Buat Nomor Telepon Palsu? Ternyata Gampang dan Bisa Untuk Verifikasi di Berbagai Macam Hal

Jangan kamu sepelekan mengenai kondisi mulut satu ini. Sebab, bisa jadi hal ini menjadi pertanda mengenai masalah kesehatan yang kamu alami. Dengan begitu, kamu harus selalu tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan.

Berikut akan kami sajikan beberapa penyebab mengapa mulut dapat terasa pahit.

Penyebab Mulut Terasa Pahit

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan dysgeusia. Dysgeusia tidak hanya menimbulkan rasa pahit, tapi juga rasa asam atau seperti habis menjilat logam. Mulut terasa pahit ini ternyata dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut.

1. Penyakit Asam Lambung

Keadaan mulut pahit bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung. Hal ini merupakan gejala dari penyakit GERD. Penyebab utama penyakit GERD ini adalah konsumsi makanan asam, pedas, dan berlemak.

2. Mulut Kering

Ketika mulut kamu kering biasanya terjadi karena kurangnya produksi air liur sehingga menyebabkan mulut terasa pahit. Kondisi ini dikenal dengan sebutan xerostomia atau mulut kering. Xerostomia sendiri bisa terjadi akibat penggunaan obat-obatan tertentu, merokok, dehidrasi, penuaan, hingga penyakit autoimun.

3. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi oleh siapa saja. Misalnya, perubahan kadar estrogen saat wanita sedang hamil atau menstruasi bisa menjadi penyebab mulut terasa tidak enak. Inilah sebabnya, wanita hamil atau yang ingin menstruasi mulutnya sering kali terasa agak pahit.

4. Kekurangan Vitamin B-12 dan Zinc

Ternyata, ketika tubuh kekurangan asupan vitamin B-12 dan zinc bisa membuat mulut menjadi terasa pahit. Tidak hanya itu, kekurangan dua nutrisi tersebut juga dapat menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap.

5. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu akan menimbulkan beragam efek samping pada tubuh, salah satunya ialah mulut terasa pahit. Sejumlah obat-obatan medis yang bisa menimbulkan efek samping tersebut di antaranya antibiotik, obat tidur, obat diabetes, obat osteoporosis, obat jantung, dan obat kanker.

6. Kebersihan Gigi yang Buruk

Kebersihan gigi yang buruk bisa menyebabkan bakteri dan kuman menumpuk di dalam rongga mulut. Hal ini dapat menyebabkan mulut menjadi terasa tidak enak, seperti menelan logam. Di samping itu, masalah gigi seperti gigi berlubang, infeksi, dan penyakit gusi juga bisa menyebabkan mulut menjadi pahit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×