5 Dalil Tentang Fitnah dan Larangan Melakukannya, Neraka Jahanam Menanti Tukang Fitnah

by

OTONITY.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang 5 dalil yang membahas tentang fitnah. Untuk mengetahui kelengkapan penjelasannya mari simak pembahasan dalam artikel ini ya.

Apakah yang disebut dengan fitnah? Apabila di artikan dalam bahasa, fitnah berasal dari bahasa Arab yang artinya kekacauan, bencana, syirik, ujian, dan juga siksaan. Namun jika ditarik dari arti di kamus besar bahasa Indonesia.

Fitnah adalah suatu perkataan bohong yang diucapkan tanpa memiliki dasar kebenaran atas apa yang dikatakan dengan tujuan tak lain dan tak bukan adalah untuk menjelekkan atau menodai nama baik orang lain atau orang yang sedang dibicarakan.

Baca Juga : Mengenal 5 Jenis Riba dan Hukum Riba Menurut Ajaran Islam, Begini Penjelasannya

Baca Juga : Apa Itu Agama Tentatif Yang Lagi Viral? Begini Penjelasan Lengkapnya Menurut KBBI

Baca Juga : Agama Tentatif Adalah: Viral Video di Tiktok Apa Agama Tentatif, Tuai Kontroversi?

Di dalam agama Islam sendiri, kita dilarang untuk melakukan bahkan mendekati fitnah. Fitnah sendiri dalam ajaran agama Islam hukumnya haram dan tidak boleh dilakukan. Allah telah menjanjikan neraka jahanam bagi mereka yang suka memfitnah dan akan menderanya sebanyak 80x dan tidak akan masuk surga.

Dalil Tentang Fitnah

Dalil Pertama

Allah telah berfirman dalam Alquran yang artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, jika datang orang fasik membawa berita maka periksa berita tersebut dengan teliti agar tidak menyebabkan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang nantinya akan menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan tersebut.” (QS. Al-Hujurat Ayat 6)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×