Perbedaan Retikulum Endoplasma Kasar dan Halus, Organel Penting Dalam Sel Eukariotik

by

Sistem membran pasti memiliki berbagai fungsi penting, yakni memproduksi, memproses, serta sarana transportasi protein transmembran dan lipid.

Selain itu, fungsi retikulum endoplasma lainnya meliputi penyimpanan kalsium dan metabolisme lipid. Bermacam-macam fungsi ini dilakukan oleh domain berbeda, yang terdiri dari tubulus beserta lapisan dan selubung inti sel (nukleus).

Lebih lanjut, Retikulum endoplasma terdiri dari selubung nukleus dan perifer retikulum yang memiliki perifer retikulum terbagi menjadi retikulum endoplasma halus dan retikulum endoplasma kasar.

Nah, kali ini akan kami bahas mengenai perbedaan dasar pada bagian Retikulum endoplasma yang terdiri dari bagian halus dan kasarnya.

Karakter Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah organela yang dapat ditemukan di berbagai sel ekariotik. Organela ini merupakan bagian sel yang mempunyai sistem selaput.

Pada retikulum endoplasma terdiri dari banyak ruang kosong yang diselubungi selaput setebal 4 nm dan berhubungan langsung dengan selaput nucleus.

Karakter dari Retikulum endoplasma adalah bahwa sel ini memiliki struktur layaknya kantung berlapis dan terdiri dari selaput labirin yang meliputi lebih dari setengah membran dalam sel ekariotik. Peran dari sel ini cukup bervariasi dan tergantung dengan jenisnya.

Perbedaan Retikulum Endoplasma Kasar dan Halus

Secara umum, fungsi retikulum endoplasma kasar adalah mensintesis protein melalui proses penerjemahan dan memproduksi membran. Dibanding pada bagian kasar, Retikulum endoplasma halus bentuknya seperti jaringan tubular yang saling berhubungan dan dapat meluas ke pinggiran sel. Bagian ini terutama bertanggung jawab untuk produksi dan metabolisme lipid.

×