Fungsi Retikulum Endoplasma Halus, Miliki Peran Penting Untuk Kelangsungan Hidup Manusia

by

OTONITY.com – Pembahasan mengenai Retikulum endoplasma akan berhubungan dengan organel pada sebuah sel. Retikulum endoplasma memiliki peranan penting pada sebuah organ dengan fungsinya di beberapa bagiannya.

Retikulum endoplasma memiliki fungsi yang ternyata dibedakan berdasarkan bagiannya. Retikulum endoplasma terdiri dari selubung nukleus dan perifer retikulum yang memiliki perifer retikulum terbagi menjadi retikulum endoplasma halus dan retikulum endoplasma kasar. Pada pembahasan kali ini akan difokuskan pada informasi mengenai retikulum endoplasma halus.

Baca juga: Cara Membuat Kesimpulan Esai Otomatis, Gampang Banget dan Dijamin Tugas Cepat Selesai, Tanpa Aplikasi Tambahan

Baca juga: Materi dan Contoh Soal Rasio dan Skala Matematika, Berhubungan Dengan Perbandingan, Berikut Penerapannya Dalam Ujian

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Aksara Jawa, Belajar Bahasa Jawa Lebih Mudah dan Menyenangkan

Secara garis besar, retikulum endoplasma adalah organela yang dapat ditemukan di berbagai sel ekariotik. Organela ini merupakan bagian sel yang mempunyai sistem selaput.

Pada retikulum endoplasma terdiri dari banyak ruang kosong yang diselubungi selaput setebal 4 nm dan berhubungan langsung dengan selaput nucleus.

Karakter dari Retikulum endoplasma adalah bahwa sel ini memiliki struktur layaknya kantung berlapis dan terdiri dari selaput labirin yang meliputi lebih dari setengah membran dalam sel ekariotik. Peran dari sel ini cukup bervariasi dan tergantung dengan jenisnya.

Dari jenisnya, kita dapat mengetahui retikulum endoplasma bagian halus yang memiliki peranan penting. Lebih lanjut, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai retikulum endoplasma bagian halus sebagai berikut.

Fungsi Retikulum Endoplasma halus

Retikulum endoplasma halus dapat diketahui berdasarkan bentuknnya yang seperti jaringan tubular. Jaringan tubular akan saling berhubungan dan dapat meluas ke pinggiran sel. Bagian ini terutama bertanggung jawab untuk produksi dan metabolisme lipid.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×