Fungsi Retikulum Endoplasma Halus, Miliki Peran Penting Untuk Kelangsungan Hidup Manusia

by

– Retikulum endoplasma halus pada jenis sel otot tertentu akan menyimpan ion kalsium. Pelepasan ion kalsium ini dapat menghasilkan kontraksi otot.

– Retikulum endoplasma halus pada sel hati memiliki fungsi detoksifikasi karena mengandung enzim yang dapat menonaktifkan racun berbahaya seperti dari sisa metabolisme dan obat-obatan.

– Fungsi retikulum endoplasma di sel-sel organ reproduksi adalah menghasilkan hormon steroid seperti estrogen dan testosteron.

– Organel retikulum endoplasma juga dapat membantu mengubah glukosa-6-fosfat menjadi glukosa dalam proses glukoneogenesis. Proses ini berhubungan dengan produksi glukosa dari sumber nonkarbohidrat, terutama terjadi di organ hati.

– Pada jenis sel tumbuhan tertentu, retikulum endoplasma halus memfasilitasi hubungan antara sel-sel yang berdekatan melalui plasmodesmata.

Baca juga: Perbedaan Retikulum Endoplasma Kasar dan Halus, Organel Penting Dalam Sel Eukariotik

Baca juga: Aplikasi Fake Chat Conversations untuk Chat Prank di Telegram, Bisa Lancarkan Aksi Jahilmu Dengan Mudah!

Baca juga: Cara Download Status WhatsApp (WA) Tanpa Aplikasi Terbaru 2022 Untuk Android, Unduh Status Kesukaanmu Sekarang!

Nah, itu dia pembahasan sekilas mengenai fungsi retikulum endoplasma bagian halus yang dapat kamu pahami secara garis besar. Semoga bermanfaat, ya.

×