Tempat Terjadinya Siklus Calvin, Berhubungan Dengan Proses Fotosintesis Tumbuhan Hijau

by

OTONITY.com – Pada tumbuhan berklorofil, pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah fotosintesis. Fotosintesis sendiri dapat terjadi dalam tumbuhan karena ia dapat membuat makanannya sendiri. Melalui proses fotosintesis yang dibantu oleh cahaya matahari, tumbuhan mengalami berbagai proses di dalamnya.

Salah satu proses yang terjadi saat fotosintesis adalah terjadinya siklus calvin. Siklus calvin merupakan reaksi zat hijau daun yang menangkap energi cahaya dan mengolahnya menjadi senyawa energi. Di dalam siklus ini akan terjadi reaksi gelap.

Baca juga: Fungsi Retikulum Endoplasma Halus, Miliki Peran Penting Untuk Kelangsungan Hidup Manusia

Baca juga: 4 Manfaat Pohon Pisang Untuk Kesehatan, Banyak Orang Tidak Tahu! Bisa Dimakan Bagus Untuk Program Diet

Baca juga: Bisa Obati Kolesterol Hingga Diabetes, Berikut Manfaat Buah Asam Kranji, Tertarik Beli?

Siklus calvin dapat diketahaui sebagai salah satu reaksi kimia yang terjadi di dalam tumbuhan sebagai salah satu bagian dari proses fotosintesis. Apabila tumbuhan tanpa memerlukan bantuan cahaya akan terjadi reaksi gelap yang berhubungan dengan siklus calvin. Siklus calvin ini terjadi di dalam kloroplas tepatnya pada bagian stroma.

Berbeda dengan reaksi terang yang memerlukan cahaya, siklus calvin menggunakan ATP dan NADPH2 sebagai energi yang dihasilkan oleh reaksi terang. Dalam siklus calvin terjadi reaksi fiksasi yaitu pengikatan CO2 atau karbondioksida serta mengkombinasikannya dengan ion H+ atau hidrogen dan membentuk gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×