Ribosom Bakteri Berfungsi Sebagai Tempat Apa? Ternyata Mirip dengan Makhluk Hidup Lainnya

by

OTONITY.com – Ribosom merupakan pembahasan yang berhubungan dengan organel pada sebuah sel. Ribosom menjadi sebuah bagian dari sel eukariotik dan prokariotik yang memiliki peranan penting pada sebuah organ.

Perlu diketahui pada sel eukariotik, organel ini bisa berada di banyak tempat seperti pada retikulum endoplasma dan sitosol. Lalu, pada sel prokariotik ribosom hanya dapat ditemukan pada sitosol yang berhubung pada sel jenis ini tidak terdapat organel dan memiliki membran.

Baca juga: Tempat Terjadinya Siklus Calvin, Berhubungan Dengan Proses Fotosintesis Tumbuhan Hijau

Baca juga: Perbedaan Retikulum Endoplasma Kasar dan Halus, Organel Penting Dalam Sel Eukariotik

Baca juga: 8 Manfaat Air Rebusan Daun Salam yang Baik Untuk Kesehatan Tubuhmu! Tidak Banyak Orang Tahu Bisa Meredakan Stress

Ribosom dapat dipahami sebagai organel sel yang berperan penting dalam proses pembuatan protein di dalam sel alias sintesis protein. Terdiri dari dua subunit berbeda, ribosom lebih berperan pada proses translasi dibanding transkripsi sel.

Lebih lanjut, berikut akan diuraikan mengenai hal-hal dasar mengenai ribosom.

Struktur ribosom

Setiap ribosom tersusun atas RNA dan protein. Masing-masing ribosom terdiri dari dua subunit RNA-protein, yaitu subunit kecil dan subunit besar. Keduanya terletak saling tindih, dengan subunit besar berada di posisi atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×