Cara Menonaktifkan BPJS Untuk Peserta yang Sudah Meninggal dan Berkas Yang Diperlukan

by

OTONITY.com – BPJS merupakan kepanjangan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial, yaitu lembaga khusus yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi masyarakat, PNS, serta pegawai swasta.

Sekarang teknologi semakin berkembang. Semua serba digital dan online. Dengan perkembangan teknologi tentu saja juga membantu kita dalam menajalankan kehidupan kita sehari – hari. Membantu semua urusan ita menjadi jauh lebih mudah.

Salah satunya adalah dengan menonaktifkan BPJS yang kini bisa dilakukan secara online di rumah saja tanpa harus keluar rumah lagi. Akan tetapi  untuk berhenti dari BPJS kesehatan harus memiliki syarat mutlak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Alasan menonaktifkan BPJS pun sangat beragam salah satunya adalah meninggal dunia. Dengan menonaktifkan BPJS orang yang meninggal dunia jadi tidak perlu wajib membayar BPJS setiap bulannya.

Baca Juga : 19 Daftar Layanan Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Lengkap Dengan Syarat dan Prosedurnya

Baca Juga : 7 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan, Covid dan Wabah Lainnya Tidak Termasuk

Baca Juga : Aturan Baru! Kelas BPJS Akan Dihapus Iuran lebih Terjangkau? Begini Penjelasan Selengkapnya

Sebenarnya sebelum kita menonaktifkan BPJS bagi peserta yang sudah meninggal kita harus melangkapi dokumen – dokumen persyaratan khusunya. Apa saja kira – kira dokumen untuk menonaktifkan BPJS untuk peserta yang sudah meninggal?

Syarat Berkas/Dokumen Peserta BPJS Yang Sudah Meninggal

– Pihak keluarga harus melapor kepada BPJS untuk menonaktifkan kepesertaan anggota keluarganya yang sudah meninggal dunia agar tidak ada iuran yang tertunggak.

– Pihak keluarga yang melaporkan harus melampirkan surat kematian yang sudah di legalisir oleh pihak kelurahan setempat ke kantor BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×