×

Cara Daftar PPDB Wilayah Jawa Barat Jenjang SMA 2022, Mulai Awal Juni Harus Selalu Update!

by

OTONITY.com – Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB jenjang SMA, SMK, SLB di wilayah Jawa Barat kini telah dibuka. Baik sekolahan yang berstatus negeri maupun swasta, semuanya sudah memberikan jalur untuk menerima siswa baru.

Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang akan naik jenjang ke SMA, SMK, atau MAN harus melakukan langkah pra-pendaftaran terlebih dahulu dengan mengajukan akun. Akun yang diakses akan bersifat online dan tentu kamu harus mendapatkan link untuk pendaftarannya.

Baca Juga : Cara Pengambilan PIN PPDB Jatim Tingkat SMA SMK Tahun 2022, Ikuti 3 Tahap Berikut Ini

Baca Juga : Cara Daftar PPDB Jateng Tingkat SMA/ SMK Tahun Ajaran 2022/2023, Disertai dengan Jadwal Lengkapnya

Baca Juga : Jadwal PPDB Jenjang SMA dan SMK Jawa Timur, Catat Jadwal Terbarunya Jangan Sampai Keliru

Perlu diketahui, wilayah Jabar ini sekarang tidak menggunakan rangking rapor untuk pendaftaran sekolah jenjang SMA. Selain itu, di tahun ini juga berlaku jalur zonasi juga ada penambahan dari 68 jadi 83 zonasi. Ada juga informasi mengenai jalur afirmasi yang terdiri dari 12% KETM (Keluarga Ekonomi Tidak Mampu), 3% disabilitas, dan 5% kondisi tertentu.

Selain beberapa informasi sekilas di atas terdapat beberapa informasi khusus yang dapat kamu simak. Jika kamu salah satu siswa yang naik jenjang ke SMA dan akan mendaftar sekolah di wilayah Jawa Barat, kamu dapat simak informasi selengkapnya di artikel kali ini.

Jadwal dan Cara Daftar PPDB Jabar 2022

Memasuki bulan Juni 2022, diketahui pihak Jabar telah memberikan pengumuman resmi mengenai PPDB 2022. Ridwal Kamil selaku Gubernur Jawa Barat dan Dedi Sipandi selaku Kepala Dinas Pendidikan Jabar, telah membuka jadwal resminya.

Adapun PPDB Jabar ini mencakup tingkat SMA, SMK, serta SLB. Diketahui bahwa PPDB 2022 tahap 1 akan dibuka tanggal 6-10 Juni 2022. Kemudian, pendaftaran untuk tahap 2 dibuka tanggal 23-30 Juni 2022.

Syarat umum PPDB Jabar 2022

Dalam pelaksanaan PPDB Jabar 2022, terdapat beberapa syarat umum yang perlu diketahui sebagai berikut.