×

Mengenal Kampung Khilafatul Muslimin di Lampung, Pimpinannya Dipenjara Dua Kali dan Hanya 30 KK

by

OTONITY.com – Abdul Qadir Hasan Baraja, pimpinan Khilafatul Muslimin, telah ditangkap oleh kepolisian pada 7 Juni 2022. Hal tersebut membuat banyak orang yang bertanya mengenai ormas Islam itu. Oleh sebab itu, berikut ini adalah informasi mengenai profil Khilafatul Muslimin yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Diberitakan jika Abdul Qadir Baraja telah ditangkap di Lampung, pada 7 Juni 2022 pukul 05.30 WIB. Penangkapan tersebut setelah dirinya menunaikan ibadah sholat subuh di Masjid Kekhalifahan Islam Jalan WR Supratman, Bumi Waras, Telukbetung, Bandar Lampung.

Baca juga: Rilis Hari Ini! Cara Cek Pengumuman Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Baca juga: Cara Install Game Tahu Bulat Unlimited Money Terbaru 2022, Simak Juga Fitur dan Perbedaannya!

Baca juga: Stagflasi Adalah: Penjelasan dan Penyebab Stagflasi, Pemerintah Sebaiknya Lakukan Antisipasi

Penangkapan dilakukan oleh aparat Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Polresta Bandar Lampung. Setelah ditangkap, sekitar pukul 07.30 WIB, Abdul Qadir dibawa ke Jakarta. Rencananya, Polda Metro Jaya akan menggelar rilis terkait penangkapan Abdul Qadir hari ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Direktur Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Brigjen R Ahmad Nurwakhid telah menjelaskan bahwa Abdul Qadir Hasan Baraja merupakan mantan anggota NII. Dia juga merupakan salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, bersama Abu Bakar Ba’asyir (ABB).

Selain itu, Abdul Qadir Hasan Baraja telah terekam pernah dua kali ditahan. Pertama karena kasus terorisme. Yang kedua karena pengeboman di Jawa Timur dan Borobudur.

Apa Itu Khilafatul Muslimin?

Diketahui jika pemimpin Khilafatul Muslimin ini bernama Abdul Qadir Baraja. Ormas tersebut berdiri pada tahun 1997 dan belum berbadan hukum. Abdul Qadir Hasan Baraja sendiri juga merupakan mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII).