Apa Itu Stagfalasi? Berikut Contoh Penggambaran dari Stagflasi Yang Ditakutkan Negara-negara

by

Mungkin di sini ada yang belum begitu paham apa yang dimaksud dengan Stagflasi. Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Stagflasi?

Kondisi stagflasi merupakan kondisi yang mana pertumbuhan ekonomi sangat lambat, disertai dengan angka pengangguran yang sangat tinggi. Dapat dibayangkan jika jumlah pengangguran semakin tinggi maka akan berdampak besar terhadap daya beli.

Bila diterjemahkan secara sederhana agar lebih mudah dipahami, Stagflasi merupakan kondisi melemahnya perekonomian dan banyaknya pengangguran yang disertai dengan inflasi.

Penurunan nilai tukar rupiah yang sangat tajam serta adanya pemutusan akses ke sumber dana luar negeri akan menyebabkan kegiatan produksi turun secara drastis. Hal ini dianggap sebagai akibat dari sebuah ketergantungan produsen domestik pada barang dan jasa impor yang sangat tinggi.

Baca Juga : 3 Alasan Nonton Film Ngeri-Ngeri Sedap, Jadi Contoh Untuk Memperbaiki Hubungan dengan Orang Tua

Baca Juga : Sci-Fi Adalah? Simak Definisi Tentang Film Sci-Fi di Sini! Lengkap dengan Contoh Film

Baca Juga : Contoh Soal Trial Test BUMN Free Download Tahun 2022 PDF, Dijamin Persiapan Jauh Lebih Mantap!

Penyebab Stagflasi

Penyabab dari stagflasi tersebut adalah adanya kondisi ekonomi yang melemah yang ditunjukkan oleh banyaknya angka pengangguran.  Tak hanya itu saja, penyebab stagflasi yang lain adalah fenomena investasi dalam sektor riil yang diangggap memberi hasil lebih rendah dibandingkan dengan sektor keuangan yang continue atau yang disebut dengan euforia spekulatif.

×