Bunyi Hukum Archimedes yang Punya Banyak Fungsi, Ketahui Juga Rumus dan Kegunaannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

by

OTONITY.com – Apakah kalian pernah takjub dengan kapal laut? Tentunya, kalian sudah tahu kan jika kapal laut itu rata-rata dibuat dari besi dan biasanya besi sebesar itu memiliki berat yang sangat tidak ringan. Lalu, kenapa ya kok bisa kapal laut tidak tenggelam dan berlayar menyeberangi lautan?

Ternyata, jawabannya simpel teman-teman. Hal ini berkat adanya hukum Archimedes yang biasanya dibahas dalam pelajaran Fisika. Hukum satu ini berhubungan dengan kejadian kenapa kapal lau yang terbuat dari besi yang sangat berat itu bisa tidak tenggelam. Lalu, bagaimana sih bunyi hukum Archimedes ini?

Baca juga: Cara Menghitung THR Karyawan Harian dan Penjelasan Landasan Hukum yang Mengaturnya!

Baca juga: Fenomena La Nina Adalah? Udara Panas yang Akhir-Akhir ini Ramai Dibicarakan, Simak Penjelasan dan Dampaknya Bagi Indonesia!

Baca juga: Sistem Penilaian UTBK SBMPTN Tahun 2022 Menggunakan IRT, Begini Perhitungan Setiap Soalnya

Hukum Archimedes ditemukan oleh ilmuan Yunani yang bernama Archimedes. Hukum ini menjelaskan hubungan gaya berat dan gaya ke atas pada suatu benda jika dimasukkan ke dalam air.

Akibat adanya gaya angkat ke atas (gaya apung), benda yang ada didalam zat cair beratnya akan berkurang. Sehingga benda yang diangkat dalam air akan terasa lebih ringan dibandingankan ketika diangkat di darat.

Bunyi Hukum Archimedes 

Hukum Archimedes berbunyi: “Sebuah benda yang dicelupkan seluruhnya atau sebagian dalam zat cair, akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut”

×