×

Autotomi Pada Cicak untuk Memutuskan Bagian Tubuhnya, Apa Bisa Regenerasi Ya?

by

OTONITY.com – Di dinding rumahmu apakah ada hewan cicak? Jika iya, kalian perlu tahu bahwa cicak memiliki kemampuan khusus untuk memutuskan bagian tubuhnya, lho. Kemampuan pada cicak ini disebut dengan autotomi yang ternyata bisa dilakukan pada beberapa jenis hewan.

Meskipun termasuk hewan predator, tidak menutup kemungkinan jika cicak dapat dimangsa hewan lain. Nah, untuk melindungi dirinya cicak memiliki kemampuan untuk memutuskan bagian tubuhnya, tepatnya di ekornya.

Lalu, jika sudah melepaskan tubuhnya apakah ekor cicak dapat tumbuh kembali? Jika kamu penasaran, yuk simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Tak Hanya Ular, Ini 5 Hewan Yang Mengalami Pergantian Kulit dan Cangkang

Baca juga: Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Wortel, Ada Ikan Salmon Produk Hewani dengan Kandungan Vitamin A yang Tinggi!

Baca juga: Selain Gajah, Berikut Ini 4 Hewan yang Memiliki Gading Seperti Gajah, Ternyata Ada Hewan Baru

Cicak merupakan salah satu hewan yang paling umum ditemukan di dinding rumah. Ternyata, cicak merupakan termasuk binatang predator karena memakan serangga kecil, seperti nyamuk. Karakteristik cicak umumnya berwarna abu-abu coklat, ada beberapa jenis cicak yang memiliki bintik-bintik hitam, memiliki ekor yang bentuknya pipih melebar.

Cicak bertahan hidup dari serangan musuh dengan cara memutuskan ekornya atau disebut juga dengan autotomi kaudal.