Pahami Cara Membeli Saham Right Issue Dalam Menjadi Investor, Bisa Kamu Lakukan Dengan Mudah!

by

OTONITY.com – Apabila kamu seorang investor, ternyata kamu memiliki hak istimewa untuk membeli saham baru. Pembelian saham baru biasanya diterbitkan oleh emiten dengan cara tebus right issue.

Ternyata, beberapa investor masih belum memahami dengan baik mekanisme membeli saham right issue. Padahal, mekanisme right issue sendiri memungkinkan pemegang saham lama dari suatu emiten membeli saham baru yang diterbitkan sebelum saham tersebut ditawarkan ke investor lainnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula Tahun 2022, Aman! Berada Dibahawa Pantauan OJK

Baca juga: 8 Tips Jitu Memilih Lokasi Bisnis Cafe, Hasil Penelitian di Lapangan Buat Usahamu Makin Lancar dan Rame!

Baca juga: Rekomendasi Produk Reksadana Saham Terbaik 2022, Fluktuasi Pasar Dinamis, Segera Ambil Langkah Cepat untuk Investasi!

Right issue sendiri adalah hak istimewa yang diberikan emiten kepada investor lama. Namun, pilihan untuk membeli atau tidak saham baru yang diterbitkan tersebut adalah hak dari masing-masing investor lama.

Dalam praktiknya, investor lama diberikan kebebasan untuk menebus saham right issue atau tidak. Jika investor lama memutuskan untuk tidak menggunakan hak belinya, emiten bisa menawarkan saham baru tersebut kepada investor baru atau biasa disebut sebagai stand by buyer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×