Simak Cara Mengirim Doa Khususon Kepada Orang yang Sudah Meninggal, Lengkap dengan Artinya

by

OTONITY.com – Mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal merupakan sebuah anjuran bagi Musim. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa doa Khususon yang dapat para Muslim pergunakan untuk mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Dilansir dari berbagai sumber, KH Muhammad Sholikhin dalam bukunya yang berjudul Ritual & Tradisi Islam Jawa menerangkan bahwa para ulama tahqiq sepakat tentang sampainya pahala bacaan Al Quran, termasuk Surat Yasin maupun Al Fatihah untuk orang yang sudah meninggal dan mereka mendapat manfaat dari bacaan tersebut.

Baca juga: Inilah Penyebab Penyakit Ain dan Doa Agar Terhindar dari Penyakit Ain, Harus Diruqyah?

Baca juga: Bacaan Surat Al Fatihah dan Artinya, Lengkap dengan Keutamaan Surat Al Fatihah

Baca juga: Mengungkap Fakta Unik Nikah Massal di Sidoarjo Viral di Tiktok dan Twitter, Ternyata Begini Faktanya

Para ulama tersebut juga sepakat membaca Alquran termasuk Surat Al Fatihah dan Yasin baik berdoa sebelum maupun sesudah membacanya untuk orang yang meninggal pahala bacaannya tetap akan sampai sebagaimana pendapat ulama Maliki, Hanafi, dan Hanbali.

Mayoritas umat Muslim mengirim doa kepada orang-orang yang sudah meninggal, seperti mendiang orang tua. Hal tersebut berdasarkan dengan hadis yang menyebutkan bahwa doa anak untuk orang tua adalah termasuk amalan yang tak terputus meskipun sudah meninggal.

Kumpulan Doa Khususon

Berikut ini adalah cara mengirim doa khususon untuk orang yang sudah meninggal:

– Doa Khususon 1

Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdu lillaahi robbil’aalamiin. Hamdan syaakiriin, hamdan naa’imiin, hamdan yuwaafii ni’amahuu wa yukaafi’u mazzidah, yaa robbanaa lakalhamdu kamaa yan-baghii lijalaali waj-hika wa ‘adzhiimi sulthoonik. Alloohumma shalli wa shallim ‘alaa sayyidinaa muhammad, wa’alaa aali sayyidinaa muhammad.

Artinya:
” Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta, sebagaimana orang yang bersyukur dan orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga baginda.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×