Intip Cara Kerja Shockbreaker Depan Motor, Lengkap dengan Jenis-Jenisnya

by

Tungkai pertama yang letaknya di bagian belakang memiliki sifat solid. Ini karena fungsinya yaitu sebagai penyangga dari seluruh rangkaian roda depan.

Selanjutnya, pada tungkai depan terhubung dengan poros roda yang dilengkapi sebuah pegas yang mengelilingi tangkai. Pegas tersebut yang bertugas menyerap semua getaran jalan.

Namun, tipe ini tidak lagi digunakan karena konstruksinya yang rumit dengan gaya suspensinya tidak sejajar dan tungkai penahan roda yang memungkinkan terjadinya out of way.

Baca juga: Bocoran Lokasi Motor Baru di Sakura School Simulator Terlengkap 2022, Banyak Motor Kece dan Gratis!

Baca juga: 7 Motor Bekas Dijual Harga 3 Jutaan Terbaik 2022 Mulai dari Honda, Yamaha Hingga Suzuki, Daftarnya Bikin Kaget!

Baca juga: Simak Fungsi Noken As Lengkap, Salah Satu Komponen Penting Untuk Kendaraan Motor 4 Tak

2. Telescopic Fork

Ciri utama pada shockbreaker teleskopik yaitu sistem peredaman terjadi di dalam tungkai penahan roda. Dalam satu sisi roda, hanya ada sebuah tungkai yang terdiri dari dua tabung.

Tabung yang berada di bawah disebut slider. Fungsinya yaitu sebagai tabung suspensi yang diisi oleh per dan fluida shock absorber. Tabung di atasnya yang berwarna mengkilap bernama fork tube yang terhubung dengan kemudi motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×