Thursday 19th of September 2024
×

Kabupaten Kuansing di Riau Bakal Rencanakan Pemekaran Jadi 3 Kabupaten, Masih Stagnan atau Sudah Jalan?

Kabupaten Kuansing di Riau Bakal Rencanakan Pemekaran Jadi 3 Kabupaten, Masih Stagnan atau Sudah Jalan?

--

Menurut mantan anggota DPRD Kuansing yaitu Musliadi saat di temui di gedung DPRD, Kabupaten Kuantan terdiri dari enam kecamatan yakni Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman, Cerenti, Pangean dan Logas Tanah Darat. Jumlah penduduk Kuantan 89.000 jiwa, kurang dari 100.000 jiwa sebagaimana disyaratkan.

Karena kekurangan syarat, kata Musliadi, perjuangan ini stagnan. Apalagi ada kebijakan moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB). Nah, ketika muncul inisiatif DPR RI melalui Wakil Ketua Banleg DPR RI Abdul Wahid, pihaknya kembali bersemangat.


Baca juga: MNC Pictures dan Tiger Wong Entertainment Kolaborasi Garap Film Lembayung, Optimis Sukses Gemparkan Dunia Hiburan Indonesia!

Baca juga: Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Utara Siap Realisasi! Inilah Daftar Wilayah yang Siap Sokong Kemajuan DOB

Baca juga: Viral! Penyanyi Dangdut Tasya Rosmala Disawer Seorang Pria dengan Pecahan 50rb, Netizen Puji Sikap Sopan Santunnya

Dalam hal Pemekaran Daerah, pertimbangan utama sebenarnya adalah lebih mendekatkan pelayanan publik agar kesejahteraan masyarakat meningkat.

Kualitas pelayanan publik merupakan satu hal yang erat kaitannya dengan Pemekaran Daerah. Pemekaran Daerah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, antara lain melalui peningkatan dan pemerataan pelayanan publik, termasuk bidang kesehatan, pendidikan dasar dan infrastruktur.

Jelas bahwa pembangunan fasilitas publik seyogyanya dibarengi dengan peningkatan kualitas dan efektivitas pelayanan itu sendiri, sehingga dapat secara optimal mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Namun sebaliknya, pemekaran daerah yang dilakukan tanpa perencanaan dan evaluasi yang matang akan berdampak tidak hanya beban bagi keuangan negara, namun juga akan menimbulkan konflik horizontal antar wilayah yang dimekarkan tersebut.

Sumber:

UPDATE TERBARU