Sunday 8th of September 2024
×

Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Masih Belum Rampung, Apa Faktor yang Mempengaruhinya?

Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Masih Belum Rampung, Apa Faktor yang Mempengaruhinya?

--

OTONITY.com -   Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Provinsi Lampung dengan ibukota Bandar Lampung, yang merupakan gabungan dari kota kembar Tanjungkarang dan Telukbetung memiliki wilayah yang relatif luas, dan menyimpan potensi kelautan. 

Rencana pemekaran Kabupaten Lampung Tengah menjadi Kabupaten Seputih Timur dan Kabupaten Seputih Barat, yang telah disetujui oleh DPRD Provinsi Lampung sayangnya masih menunggu proses selanjutnya di Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.


Baca juga: Kabupaten Kuansing di Riau Bakal Rencanakan Pemekaran Jadi 3 Kabupaten, Masih Stagnan atau Sudah Jalan?

Baca juga: Akun Intagram Yunita Lestari Digeruduk Netizen Usai Diduga Jadi Diduga Selingkuhan Gunawan Dwi Cahyo, Okie Agustina Beri Pembelaan

Baca juga: Suaminya Ketahuan Selingkuh, Okie Agustina Ngaku Siap Bercerai dengan Gunawan Dwi Cahyo

Pemerintah hingga kini belum membuka kembali pemekaran daerah yang mana wacana pemekaran daerah terus saja berjalan di daerah baik itu pemekaran Provinsi, Kabupaten dan Kota. Hal tersebut wajar saja terjadi mengingat potensi berupa sumber daya manusia dan sarana dan prasarana memungkinkan untuk dilakukan pemekaran daerah.

Dalam hal Pemekaran Daerah, pertimbangan utama sebenarnya adalah lebih mendekatkan pelayanan publik agar kesejahteraan masyarakat meningkat. Kualitas pelayanan publik merupakan satu hal yang erat kaitannya dengan Pemekaran Daerah.

Pemekaran Daerah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, antara lain melalui peningkatan dan pemerataan pelayanan publik, termasuk bidang kesehatan, pendidikan dasar dan infrastruktur.

Sumber:

UPDATE TERBARU