Tuesday 17th of September 2024
×

Daftar 5 Daerah Sumatera Barat yang Alami Pemekaran Wilayah, Ada yang Baru Dimekarkan Mau Usulkan Lagi!

Daftar 5 Daerah Sumatera Barat yang Alami Pemekaran Wilayah, Ada yang Baru Dimekarkan Mau Usulkan Lagi!

--

OTONITY.com - Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi terkait dengan daftar daerah di Sumatera Barat yang akan lakukan pemekaran wilayah dengan pembentukan kabupaten baru. Nah, langsung saja simak lengkapnya paada uraian berikut ini.

Provinsi Sumatera Barat mengalami pemekaran dengan pendirian tiga kabupaten baru pada tahun 2004. Meskipun demikian, wacana mengenai pemekaran kabupaten baru di Sumatera Barat masih ada hingga saat ini.


Umumnya, kabupaten-kabupaten baru yang diusulkan di Sumatera Barat memiliki luas wilayah yang besar dan jumlah penduduk yang signifikan.

Oleh sebab itu, pemerintah dan masyarakat setempat menunjukkan minat untuk melaksanakan pemekaran di daerah mereka. Tetapi, terdapat banyak persyaratan dan proses yang harus dipenuhi agar sebuah kabupaten dapat memenuhi syarat untuk melakukan pemekaran.

Baca juga: Cara ke Pulau Merak Kecil Lengkap Dengan Tarif Transportasi, Harga Tiket, Jam Operasional, dan Daya Tariknya

Baca juga: Dari Camping Sampai Mancing! Rekomendasi Kegiatan Seru di Lanakila Lake Pringsewu yang Cocok Buat Healing

Baca juga: Lokasi Wisata Lanakila Lake Pringsewu, Spot Nongkrong Buat Nyore di Tepian Waduk Way Sekampung Lampung

Berikut lima usulan calon kabupaten baru di Sumatera Barat:

1. Kabupaten Agam Tuo

Kabupaten Agam, yang sebelumnya memiliki ibu kota di Bukittinggi, juga menginginkan pemekaran wilayahnya. Pemekaran ini didorong oleh alasan geografis, karena Kabupaten Agam saat ini terbagi antara wilayah pesisir dan dataran tinggi.

Calon kabupaten ini diusulkan dengan nama Kabupaten Agam Tuo atau Kabupaten Agam Timur, yang mencakup wilayah timur yang terletak di dataran tinggi. Beberapa kecamatan yang akan masuk dalam Kabupaten Agam Tuo mencakup Kecamatan Ampek Angkek, Canduang, Baso, Kamang Magek, Tilatang Kamang,

Banuhampu, Sungai Pua, IV Koto, Malalak, dan Matua. Jika pemekaran ini terealisasi, maka Kabupaten Agam Tuo akan menjadi salah satu kabupaten terkecil di Sumatera Barat dengan luas wilayah hanya 648,56 km² dan populasi sekitar 290.448 jiwa menurut data terbaru dari BPS Sumbar.

2. Kabupaten Pasaman Utara

Kabupaten Pasaman Utara diusulkan sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Pasaman Barat, yang sendiri merupakan pemekaran yang terjadi 18 tahun lalu dari Kabupaten Pasaman. Namun, karena luas wilayah yang cukup besar dan jumlah penduduk yang memadai, usaha pemekaran ini telah muncul.

Wilayah Pasaman Utara memiliki beragam budaya karena penduduknya berasal dari berbagai etnis seperti suku Mandailing, Melayu pesisir, Minang, dan Jawa.

Kabupaten Pasaman Utara direncanakan terdiri dari 6 kecamatan, termasuk Gunung Tuleh, Sungai Aur, Lembah Melintang, Koto Balingka, Sungai Beremas, dan Ranah Batahan. Sebagian besar dari kecamatan-kecamatan ini berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara.

Ibu kota Kabupaten Pasaman Utara direncanakan berada di Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, yang merupakan wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi dan siap dari segi infrastruktur untuk menjadi ibu kota kabupaten.

Sumber:

UPDATE TERBARU