Tuesday 17th of September 2024
×

Tuai Pro dan Kontra! Wacana Pemekaran Madura Jadi Provinsi Provinsi Baru, Masih Butuh Pengkajian Lebih Dalam Lagi

Tuai Pro dan Kontra! Wacana Pemekaran Madura Jadi Provinsi Provinsi Baru, Masih Butuh Pengkajian Lebih Dalam Lagi

--

"Madura masih membutuhkan dukungan dari pemerintah provinsi untuk pembangunan. Jika Madura menjadi provinsi sendiri, maka pemerintah provinsi akan kehilangan perhatian terhadap Madura," kata Fauzi.

Fauzi juga berpendapat bahwa pemekaran Madura akan menimbulkan masalah baru, seperti persaingan antar daerah dan konflik antar suku.

Pemerintah pusat sendiri belum memberikan keputusan terkait usulan pemekaran Madura. Pemerintah masih akan melakukan kajian terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah akan menyetujui usulan tersebut.

Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung Masih Belum Rampung, Apa Faktor yang Mempengaruhinya?

Baca juga: Ingin Pisah! Bupati dan Petinggi Mimika Deklarasikan Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Ternyata Ini Alasannya!

Baca juga: Jawa Timur Dimekarkan Jadi 3 Provinsi Baru, Wilayah Surabaya Bakal Dihilangkan? Cek Dulu Faktanya di Sini

Jika pemerintah menyetujui usulan pemekaran Madura, maka proses pemekaran akan dilakukan melalui tahapan daerah persiapan provinsi. Tahapan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 tahun.

Hingga saat ini, wacana pemekaran Madura masih terus menjadi perbincangan. Pro dan kontra masih terus terjadi. Namun, pemerintah pusat akan segera mengambil keputusan terkait usulan tersebut.

Sumber:

UPDATE TERBARU