Friday 20th of September 2024
×

Bentuk 2 Kabupaten Baru, Pemekaran Wilayah Kabupaten Banyuasin Siap Dukung Kemajuan Sumsel!

Bentuk 2 Kabupaten Baru, Pemekaran Wilayah Kabupaten Banyuasin Siap Dukung Kemajuan Sumsel!

--

OTONTY.com - Rencana pemekaran wilayah di Kabupaten Banyuasin kini tengah jadi perbincangan masyarakat. Pasalnya, dalam pemekaran tersebut akan ada 2 kabupaten baru yang siap dukung kemajuan Sumsel. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Pemekaran daerah otonomi baru (DOB) menjadi perbincangan yang signifikan dalam upaya untuk meratakan pembangunan dan meningkatkan pelayanan di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).


Sumsel mengajukan rencana pemekaran dengan mencakup 10 kabupaten/kota baru, termasuk pemekaran Kabupaten Banyuasin menjadi dua bagian, yaitu Kabupaten Banyuasin Timur atau Perairan, dan Kabupaten Banyuasin Tengah.

Baca juga: Tuai Pro dan Kontra! Wacana Pemekaran Madura Jadi Provinsi Provinsi Baru, Masih Butuh Pengkajian Lebih Dalam Lagi

Baca juga: Kabupaten Kuantan Singingi Bakal Lakukan Pemekaran Jadi 3 Kabupaten, Ternyata Ini Faktor Penguat Rencana Mekarkan Wilayah?

Baca juga: Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Nagari di Ujung Gading Sumatera: Wanti-Wanti Jangan Sampai Merubah Adat Istiadat

Kabupaten Banyuasin Timur atau Perairan

Rencana pemekaran Kabupaten Banyuasin Timur atau Perairan dianggap sebagai langkah progresif untuk memperluas cakupan pemerintahan daerah. Dengan pembentukan Kabupaten Banyuasin Timur, sebanyak 11 kecamatan dengan 115 desa dan kelurahan akan berpartisipasi.

Dipimpin oleh H Slamet Somosentono dan presidium Kabupaten Banyuasin Timur, langkah ini didukung melalui audiensi dengan DPRD Banyuasin.

Kabupaten Banyuasin Timur tidak hanya berperan sebagai ekspansi administratif, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan pariwisata, seperti kawasan Tanjung Sembilang, Danau Ranah, dan perkampungan nelayan di daerah Sungsang.

Pentingnya adalah pemindahan Pelabuhan Tanjung Api-api ke wilayah Kabupaten Banyuasin Tengah, yang diharapkan membawa dampak positif pada pendapatan daerah.

Sumber:

UPDATE TERBARU