Friday 20th of September 2024
×

Wacanakan Pemekaran Wilayah, Sumatera Barat Siap Dipecah Jadi 2 Provinsi! Sudah Layak Direalisasi?

Wacanakan Pemekaran Wilayah, Sumatera Barat Siap Dipecah Jadi 2 Provinsi! Sudah Layak Direalisasi?

--

Meskipun hingga saat ini belum jelas status usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah yang berasal dari pemekaran Provinsi Sumatera Barat dan dua provinsi lainnya.

Selain itu, terdapat juga usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Mentawai sebagai hasil pemekaran Provinsi Sumatera Barat.


Secara geografis, Kepulauan Mentawai terpisah dari Sumatera Barat oleh laut di bagian selatan. Kepulauan Mentawai saat ini merupakan wilayah administratif dari sebuah kabupaten yang terdiri dari empat pulau, yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

Baca juga: Pemekaran Nagari Salido Saroha Ujung Gading Sudah Resmi, Inilah Daftar 4 Jorong yang Siap Sokong Daerah Baru!

Baca juga: Kabupaten Rembang Bakal Hilang? Ini Daftar Wilayah Provinsi Jatara Pemekaran Jawa Tengah, Ada 6 Daerah Tergabung

Baca juga: Pemerintah Lampung Masih Meninjau Untuk Lakukan Pemekaran Wilayah, Apa Saja Keuntungan yang Bakal Didapat Jika Terealisasi?

Usulan ini melibatkan pembentukan satu kabupaten, yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan rencana ibu kota di Tuapejat. Usulan untuk menjadikan Kepulauan Mentawai sebagai provinsi dan daerah otonom sebenarnya sudah pernah muncul sejak tahun 1970-an.

Sumber:

UPDATE TERBARU