Sunday 6th of October 2024
×

Gempar Recana Pemekaran, Inilah Daftar Wilayah yang Masuk Provinsi Sumatera Tengah! Masih Dilakukan Peninjauan

Gempar Recana Pemekaran, Inilah Daftar Wilayah yang Masuk Provinsi Sumatera Tengah! Masih Dilakukan Peninjauan

--

OTONITY.com - Rencana pemekaran wilayah di daerah Provinsi Sumatera Tengah kini turut membawa beberapa daerah berikut ini. Tentunya, pemilihan daerah ini juga disesuaikan dengan kelayakan dan juga peninjauan untuk kedepannya.

Rencana pembentukan Sumatera Tengah sebagai calon provinsi baru di Pulau Sumatera kembali menjadi perbincangan. Sebelumnya, isu pemekaran ini mencuat pada Oktober 2022 dan pertama kali muncul di media sosial.


Menurut laporan dari Detik, terdapat foto lembaran surat yang mengusulkan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah oleh tokoh inisiator H Zulfikar Atut datuak Penghulu Besar dan Sekretaris H Masful yang berasal dari Dharmasraya.

Inisiator dari Provinsi Sumatera Tengah (IPST), yaitu H Zulfikar Atut Dr. Penghulu Besar dan H. Masful, telah mengajukan laporan resmi kepada Presiden Jokowi melalui surat tertanggal 27 Oktober 2022 dengan nomor surat 01/X/IPST-2022.

Baca juga: Sudah Diresmikan, Pemekaran Wilayah Nagari Salido Saroha Ujung Gading Ditandatangani Bupati! Siap Wujudkan DOB yang Maju

Baca juga: Kabupaten Rembang Bakal Hilang? Ini Daftar Wilayah Provinsi Jatara Pemekaran Jawa Tengah, Ada 6 Daerah Tergabung

Baca juga: Pemerintah Lampung Masih Meninjau Untuk Lakukan Pemekaran Wilayah, Apa Saja Keuntungan yang Bakal Didapat Jika Terealisasi?

Surat tersebut ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia dan disampaikan ke beberapa lembaga tinggi negara, termasuk Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Menteri Dalam Negeri, serta Gubernur Sumbar, Riau, dan Jambi.

Dalam proposal pembentukan Provinsi Sumatera Tengah, wilayah ini akan terdiri dari kabupaten yang melintasi tiga provinsi di sekitar Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Tengah akan terbentuk dengan menggabungkan tujuh kabupaten dari tiga provinsi di Sumatera, yaitu Jambi, Sumatera Barat, dan Riau. Populasi dari ketujuh daerah tersebut mencapai sekitar 1.847.000 jiwa, dengan luas wilayah mencapai 23.170 kilometer persegi.

Sumber:

UPDATE TERBARU