Tuesday 17th of September 2024
×

Kabupaten Garut Siap Mekar? Inilah Daftar Daerahnya yang Akan Jadi Pemekaran Wilayah DOCB!

Kabupaten Garut Siap Mekar? Inilah Daftar Daerahnya yang Akan Jadi Pemekaran Wilayah DOCB!

--

OTONITY.com - Wacana pemekaran wilayah kabupaten Garut kini juga ikut menyeret beberapa wilayah atau daerah yang akan bergabung dengan wilayah DOCB. Lantas, daerah mana saja yang akan terdampak? simak lengkapnya dibawah ini.

Jawa Barat menunjukkan kemajuan positif dalam otonomi daerahnya dalam waktu singkat, menjadi provinsi yang terus berkembang. Dengan populasi hampir mencapai 50 juta jiwa pada tahun 2020, wilayah ini telah terbagi menjadi 27 daerah otonom, termasuk 18 kabupaten dan 9 kota.


Kemajuan ini tercermin dalam peningkatan signifikan, mencakup 50 kabupaten/kota di provinsi tersebut. Selain itu, terdapat sekitar 5.957 desa di Jawa Barat, menjadikannya provinsi dengan jumlah desa terbanyak di Pulau Jawa, mengungguli Jawa Tengah (8.562 desa) dan Jawa Timur (8.496 desa).

Pemekaran wilayah berkontribusi pada pertumbuhan ini, baik di tingkat kabupaten/kota maupun desa/kelurahan.

Baca juga: Wacanakan Pemekaran Wilayah, Sumatera Barat Siap Dipecah Jadi 2 Provinsi! Sudah Layak Direalisasi?

Baca juga: Bentuk 2 Kabupaten Baru, Pemekaran Wilayah Kabupaten Banyuasin Siap Dukung Kemajuan Sumsel!

Baca juga: Kabupaten Rembang Bakal Hilang? Ini Daftar Wilayah Provinsi Jatara Pemekaran Jawa Tengah, Ada 6 Daerah Tergabung

Salah satu perkembangan terkini adalah proses pemekaran wilayah di Kabupaten Garut, sebuah daerah otonom di Provinsi Jawa Barat.

Kabupaten ini berencana membentuk Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Garut Selatan (Gasela) dan (Gatara) untuk wilayah bagian utara.

Sumber:

UPDATE TERBARU