Sunday 8th of September 2024
×

Asal-usul Buah Semangka Sebagai Simbol Solidaritas Palestina, Bermula Pada Tahun 1967

Asal-usul Buah Semangka Sebagai Simbol Solidaritas Palestina, Bermula Pada Tahun 1967

--

Otonity.com - Media sosial kini sedang diramaikan dengan gerakan semangka. Apakah sebenarnya maksud penggunaan semangka ini? Sebagai informasi buat kamu yang belum tahu, penggunaan semangka sebagai simbol solidaritas Palestina.

Bukan hal yang baru lagi, ternyata penggunaan semangka pertama kali muncul setelah perang enam hari pada tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat dan Gaza, hingga daerah Yerusalem Timur. Untuk mengetahui lebih dalam lagi sejarahnya, mari langsung saja simak pembahasannya di sini! 


Baca juga: Lagi Trending! Arti Emoji Semangka Untuk Palestina, Bentuk Support Warganet Atas Adanya Shadow Banned Israel

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Keffiyeh, Scarf Palestina yang Jadi Simbol Solidaritas dan Perlawanan

Baca juga: Motor Baru Honda Cuma 16 Juta? Honda Supra X Matik Resmi Meluncur, Warganet: Malah Mirip Tossa Matik

Israel melarang pengibaran bendera Palestina secara umum dan akan dipidana. Guna menghindari ancaman tersebut, warga Palestina mulai menggunakan semangka sebagai pengganti bendera.

Kenapa semangka? Pada dasarnya Semangka dipilih karena buah ini memiliki unsur warna yang mirip dengan bendera Palestina; yakni merah, hitam, putih, dan hijau.

Perjuangan berbuah manis ketika pada tahun 1993, larangan pengibaran bendera Palestina dicabut, sebagai bagian dari Perjanjian Oslo. Setelah perjanjian tersebut, New York Times pun setuju bahwa semangka menjadi simbol pengganti bendera Palestina.

Sumber:

UPDATE TERBARU