Tuesday 17th of September 2024
×

Asal-usul Buah Semangka Sebagai Simbol Solidaritas Palestina, Bermula Pada Tahun 1967

Asal-usul Buah Semangka Sebagai Simbol Solidaritas Palestina, Bermula Pada Tahun 1967

--

Asal-usul Buah Semangka Sebagai Simbol Solidaritas Palestina

“Di Jalur Gaza, di mana para pemuda pernah ditangkap karena membawa irisan semangka —yang menunjukkan warna merah, hitam, dan hijau Palestina —tentara hanya berdiam diri saat prosesi berjalan dengan mengibarkan bendera yang pernah dilarang,” tulis jurnalis Times, John Kifner.

Hingga kini sejak kejadian tersebut, semangka sudah menjadi simbol solidaritas dan kepedulian terhadap warga Palestina yang menjadi korban dari konflik antar negara tersebut.


Kini simbol semangka kembali ramai digunakan lantaran adanya keputusan pengadilan Israel bahwa keluarga Palestina yang tinggal di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur akan diusir dari rumah mereka untuk dijadikan tempat bagi pemukim.

Baca juga: Asal Usul Tantangan Viral NNN (No Nut November), Ternyata Berawal dari User Reddit!

Baca juga: Viral! Apa Itu Tantangan NNN (No Nut November) yang Sering Dibahas Netizen? Buat Pria Begini Aturan Mainnya!

Baca juga: Harga Honda Supra X 125 Matik Lebih Murah dari Honda Beat dan Scoopy? Cek Faktanya Berikut ini

Semangka Juga Jadi Bahan Makanan Favorit di Gaza

Semangka adalah bahan makanan bagi warga di jalur Gaza. Semangka telah tumbuh berabad-abad di Timur Tengah. Maka itu banyak makanan khas di negara-negara Timur Tengah yang menggunakan semangka sebagai salah satu bahan.

Di Palestina kerap menyajikan salad semangka. Warga setempat kerap membuat isian roti pipih dari cacahan semangka, tomat, terong, dan paprika. Hidangan ini disebut fatet al ajer atau qursa.

Walau kini pengibaran bendera Palestina sudah tidak dilarang lagi oleh Israel, tapi semangka sudah menjadi bagian dari aksi-aksi dukungan warga di berbagai belahan dunia sebagai seruan solidaritas mereka terhadap negara tersebut.

Sudah ada banyak dukungan yang digaungkan masyarakat dunia untuk Palestina. Salah satu caranya yakni dengan memasang dan membuat gambar irisan semangka sebagai simbol Palestina.

Irisan buah semangka yang identik dengan warna merah, hitam, putih, dan hijau merupakan warna bendera Palestina. Gambar semangka ini menjadi lambang perlawanan bagi masyarakat Palestina.

Simbol semangka yang menjadi pengganti dari Bendera Palestina, ternyata cukup berhasil untuk menghindari sensor otomatis di media sosial.

Sudahkah kamu menggunakan emoji semangka hari ini? Terimakasih sudah membaca artikel kali ini semoga bisa menambah wawasanmu atas apa yang terjadi di trending topik media sosial hari ini! 

Sumber:

UPDATE TERBARU