Thursday 19th of September 2024
×

Bikin Penasaran! Inilah Daftar Calon Kabupaten Baru Di Provinsi Jawa Barat, Bogor Bakal Dimekarkan Jadi 3 DOB

Bikin Penasaran! Inilah Daftar Calon Kabupaten Baru Di Provinsi Jawa Barat, Bogor Bakal Dimekarkan Jadi 3 DOB

--

OTONITY.com - Jawa Barat telah diketahui telah mengusulkan sembilan calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB). Sembilan daerah itu ialah Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur.

Kemudian Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, Kabupaten Garut Utara, dan Kabupaten Subang Utara.


Pada waktu itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan usulan tiga calon daerah otonom baru (CDPOB) merupakan upaya Pemprov Jabar dalam hal mencapai target pemekaran daerah. "Kita harus memekarkan dari 27 menjadi 40-an daerah," kata Ridwan Kamil-- usai rapat paripurna di gedung DPRD 2022 lalu.

Baca juga: Pemekaran Wilayah Bukan Wacana, Inilah Daftar Daerah yang Akan Mekar di Kabupaten Banten!

Baca juga: Pemekaran Nagari Salido Saroha Ujung Gading Sudah Resmi, Inilah Daftar 4 Jorong yang Siap Sokong Daerah Baru!

Baca juga: Berkas Lunas, Sudah Siap Realisasi? Pemekaran Wilayah Kabupaten Banyuasin Timur Bukan Hanya Wacana!

Melihat luas wilayah dan kepadatan penduduk, wajar Jawa Barat yang sekarang memiliki 18 kabupaten dan 9 kota untuk dimekarkan.Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sendiri menyebutkan Jawa Barat idealnya terdiri atas 40 kabupaten dan kota. Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Saat ini jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat terdapat di Indonesia  mencapai 50 juta jiwa.Beberapa wilayah yang jumlah penduduknya terpadat yakni Bandung, Bogor dan Depok. Untuk itu wacana pembentukan daerah otonomi baru terus digaungkan komponen masyarakat Jawa Barat.

Sumber:

UPDATE TERBARU