Tuesday 17th of September 2024
×

Nasib Rencana Pembentukan Calon Kabupaten Baru Di Provinsi Jawa Barat, Masih Belum Temui Titik Terang?

Nasib Rencana Pembentukan Calon Kabupaten Baru Di Provinsi Jawa Barat, Masih Belum Temui Titik Terang?

--

OTONITY.com - Pemprov Jawa Barat telah mengusulkan 8 daerah menjadi kabupaten baru untuk dimekarkan dari wilayah asalnya. Usulan pemekaran wilayah itu sudah disampaikan ke pemerintah pusat, namun hingga kini belum ada titik terang.

Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Setda Jabar Dodit Ardian Pancapana mengatakan, usulan 8 wilayah calon otonom daerah baru (CPDOB) belum mendapat respons lebih lanjut dari pemerintah. Mengingat hingga sekarang, Presiden Joko Widodo masih memberlakukan moratorium untuk rencana pemekaran DOB se Indonesia.


Baca juga: Budget 11 M! Pemekaran Cianjur Ditarget Bisa Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Ini Daftar Wilayahnya

Baca juga: Pemekaran Wilayah Kabupaten Garut, Turut Usulkan Gasela dan Gatara yang Siap Jadi DOCB Baru!

Baca juga: Sudah Diresmikan, Pemekaran Wilayah Nagari Salido Saroha Ujung Gading Ditandatangani Bupati! Siap Wujudkan DOB yang Maju

Sebagaimana diketahui, sejak 2020, ada 8 usulan untuk pemekaran wilayah di Jawa Barat. Yaitu Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan dan Garut Utara, Kabupaten Sukabumi Utara, Garut Selatan, dan Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat.

Dodit menjelaskan, usulan 8 DOB itu sudah mendapat persetujuan dari para pemangku kebijakan di daerah induknya. Namun ada kebijakan moratorium, usulan tersebut hingga kini masih belum jelas arahnya.

"Dari daerah induknya itu udah mendukung, kepala daerah dan dewan udah sepakat ada pemekaran. Karena bagi kita, kebutuhan pemekaran iu bukan hanya dimensi yang mendasar. Tapi juga soal kemudahan buat layanan publik," ucapnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU