Tuesday 17th of September 2024
×

Provinsi Cirebon Kini Dianggap Sudah Layak Lakukan Pemekaran Wilayah, Dapatkah Harapan Tersebut Segera Terwujud?

Provinsi Cirebon Kini Dianggap Sudah Layak Lakukan Pemekaran Wilayah, Dapatkah Harapan Tersebut Segera Terwujud?

--

Seringkali, usulan pemekaran daerah oleh para elite politik diwarnai dengan keutuhan negara. Sebenarnya, semakin banyak DOB, maka kontrol terhadap daerah-daerah akan semakin kuat. Akan tetapi kontrol yang kuat tidak berarti kekuasaan Pemerintah Pusat semakin berkurang.

Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan sebelumnya, secara umum dengan adanya pemekaran daerah akan memberi manfaat yang seluas-luasnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Indikator kesejahteraan ini terlihat dari peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, pelayanan publik dan infrastruktur.


Baca juga: Kabupaten Kuantan Singingi Bakal Lakukan Pemekaran Jadi 3 Kabupaten, Ternyata Ini Faktor Penguat Rencana Mekarkan Wilayah?

Baca juga: Profil dan Tampang Eva Anzani Otak di Balik Penipuan Berkedok Arisan Abal-Abal, Gelapkan Dana Rp5 M Sampai Ludes

Baca juga: Pemekaran Wilayah Kabupaten Garut, Turut Usulkan Gasela dan Gatara yang Siap Jadi DOCB Baru!

Terkait usulan dari Dewan Perwakilan Daerah atau DPD RI soal pembentukan provinsi baru seperti Provinsi Cirebon, Sidkon menegaskan, DPRD Jabar berkomitmen menambah jumlah CDOB Kabupaten dan Kota, dari 27 menjadi 40 Kabupaten/Kota di Jabar.

“Sebelum ada pembentukan Provinsi Cirebon, maka harus dimulai dari pemekaran Cirebon Timur dulu,” jelas Legislator PKB itu.

Menurut Sidkon, sebagai putra daerah Indramayu, dirinya sangat siap kalau diberikan mandat dari partainya dan masyarakat untuk memimpin di Provinsi Cirebon kelak. Tapi untuk saat ini masih fokus mendukung pemekaran wilayah Cirebon Timur.

Sumber:

UPDATE TERBARU