Tuesday 17th of September 2024
×

Daftar Wilayah Kabupaten di Cirebon Ini Didukung Untuk Segera Lakukan Pemekaran, Manakah yang Bakal Terpilih?

Daftar Wilayah Kabupaten di Cirebon Ini Didukung Untuk Segera Lakukan Pemekaran, Manakah yang Bakal Terpilih?

--

OTONITY.com - Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 18 Kabupaten dan 9 Kota dengan luas wilayah mencapai 35.377,76 km persegi tersebut dengan demikian akan makin mengecil. Yang sedang diupayakan untuk bisa memekarkan diri menjadi provinsi sendiri adalah Provinsi Cirebon Raya dan Provinsi Bogor Raya.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mendukung penuh wacana pemekaran Provinsi Cirebon wilayah Indramayu Barat dan upaya pemekaran wilayah Cirebon Timur untuk dijadikan calon daerah otonomi baru (CDOB) di Jabar.


Baca juga: Gempar Recana Pemekaran, Inilah Daftar Wilayah yang Masuk Provinsi Sumatera Tengah! Masih Dilakukan Peninjauan

Baca juga: Sudah Diresmikan, Pemekaran Wilayah Nagari Salido Saroha Ujung Gading Ditandatangani Bupati! Siap Wujudkan DOB yang Maju

Baca juga: Pembentukan Dua Provinsi Baru di Papua Bagian Utara dan Timur, Pemerataan Pembangunan dan Kesejahteraan Jadi Alasan Utama!

Wilayah yang sebagian masuk Karesidenan Cirebon yakni Kabupaten Indramayu, Cirebon, Majalengka dan Kuningan juga sudah mengajukan untuk menjadi Provinsi Cirebon Raya terpisah dari Jawa Barat.

Harapan dari penyelenggaraan dan pembangunan semua aspek tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat yang sejahtera akan menciptakan masyarakat yang mandiri dan pada gilirannya akan menciptakan daerah yang mandiri serta tidak tergantung terhadap daerah induk pemekaran, propinsi dan negara.

Namun pemekaran daerah saat ini sulit dibedakan antara benar-benar suatu kebutuhan atau hanya kepentingan para elite politik baik daerah maupun pusat. Melalui pemekaran daerah terdapat peluang bagi calon Kepala Daerah, anggota DPRD dan jajaran unit eselon satu di daerah otonom baru (DOB). 

Sumber:

UPDATE TERBARU