Tuesday 17th of September 2024
×

Gencarnya Pemekaran Wilayah, Bupati Banggai Juga Mau Usulkan Kabupaten Baru! Mana Saja yang Keangkut?

Gencarnya Pemekaran Wilayah, Bupati Banggai Juga Mau Usulkan Kabupaten Baru! Mana Saja yang Keangkut?

--

OTONITY.com - Recana pemekaran wilayah yang makin gencar, juga diupayakan oleh Bupati Banggai yang ingin melakukan pembentukan wilayah baru. Beberapa wilayah ini juga sudah diusulkan untuk diangkut dalam DOB. Nah, mana saja wilayah yang ikut?

Masyarakat Kabupaten Banggai mungkin perlu bersikap lebih sabar menanti terbentuknya provinsi baru di wilayah timur Sulawesi.


Bupati Amirudin memberikan indikasi bahwa kemungkinan terbentuknya Provinsi Sulawesi Timur sangat kecil. Hal ini diumumkan dalam konteks pembangunan tahap II di Kecamatan Toili.

“Kalau berpikir tentang Sulawesi Timur, mungkin bisa, tapi jalannya agak sulit sekali,” ujar Bupati Banggai dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan tahap II di Kecamatan Toili.

Wacana mengenai pemekaran daerah otonom baru (DOB) di Sulawesi Tengah sudah lama menjadi pembicaraan.

Baca juga: Daftar Wilayah Kabupaten di Cirebon Ini Didukung Untuk Segera Lakukan Pemekaran, Manakah yang Bakal Terpilih?

Baca juga: Pemekaran Wilayah Bukan Wacana, Inilah Daftar Daerah yang Akan Mekar di Kabupaten Banten!

Baca juga: Gempar Recana Pemekaran, Inilah Daftar Wilayah yang Masuk Provinsi Sumatera Tengah! Masih Dilakukan Peninjauan

Enam kabupaten yang diusulkan untuk bergabung membentuk Provinsi Sulawesi Timur adalah Morowali, Morowali Utara, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una Una (Touna), dan Kabupaten Banggai.

Saat ini, Sulawesi Tengah sangat bergantung pada tiga kabupaten dengan pendapatan terbesar, yaitu Morowali, Morowali Utara, dan Banggai, yang semuanya memiliki kontribusi signifikan dari sektor industri pertambangan.

Oleh karena itu, Bupati Amirudin menyatakan bahwa sulit bagi ketiga kabupaten tersebut untuk bergabung dan membentuk DOB baru.

“Kalau ini (Morowali, Morowali Utara, dan Kabupaten Banggai) diambil semuanya untuk Sulawesi Timur, ini yang saya katakan agak sulit, karena pendapatan terbesar ada di tiga daerah tersebut,” terang Bupati Amirudin.

Sumber:

UPDATE TERBARU